Blog

Image

Dip Bar: Manfaat, Penggunaan dan Cara Memilih yang Tepat

February 16th, 2022

sfidnfits.com – Apakah Anda seorang pecinta kebugaran yang berkeinginan membangun perut six pack dan lengan yang lebih besar? Jika demikian, dip bar adalah peralatan yang sempurna untuk mencapai keinginan Anda itu.

Latihan secara teratur menggunakan dip bar dapat membantu membangun otot tanpa lemak lebih cepat. Anda juga harus tahu bahwa dip bar tidak hanya menyediakan platform yang kokoh untuk melakukan latihan inti dan tubuh bagian atas Anda, menggunakannya juga memungkinkan Anda untuk mempertahankan postur yang baik selama gerakan, yang mana hal ini adalah sebuah keuntungan yang mungkin tidak Anda dapatkan dari latihan dengan beban bebas.

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan dip bar. Beruntungnya, artikel ini akan membahas lebih jauh tentang dip bar secara keseluruhan dan Anda bisa memahaminya lewat artikel ini. jadi, silahkan menyimak!

 

Dip Bar: Manfaat, Penggunaan dan Cara Memilih yang Tepat


Apa itu dip bar?


Dip bar atau yang dikenal juga dip station adalah peralatan olahraga yang memungkinkan seseorang untuk menahan tubuhnya dengan tangan dan menurunkan bagian tubuh lainnya saat kaki diangkat dari tanah. Dip bar memiliki fitur yang berdiri kokoh dengan dua batang horizontal sejajar satu sama lain.

Dip bar dapat digunakan untuk berbagai latihan yang menggunakan beban tubuh sebagai daya tahan untuk membangun otot, meningkatkan keseimbangan, meningkatkan mobilitas, dan mengencangkan tubuh bagian atas. Beberapa versi lain dari dip bar tidak memiliki dudukan yang kokoh, sebagai gantinya ada dua lengan individu dapat dipasang ke dinding dengan sekrup atau baut untuk memberikan permukaan yang stabil untuk melakukan penurunan.

 

Manfaat latihan menggunakan dip bar


Ada pun manfaat dari latihan menggunakan dip bar dapat Anda simak di bawah ini:
1. Dip bar adalah alat yang serba guna

Menggunakan dip bar memungkinkan Anda untuk melakukan gerakan push dan pull tanpa khawatir tentang beban atau mesin apa yang harus Anda gunakan. Dengan rangkaian dip bar yang kokoh, Anda dapat menyesuaikan resistensi dengan memposisikan tubuh Anda dengan cara yang berbeda.

Kualitas yang dimiliki alat ini juga membuatnya sangat bagus untuk orang yang tidak berolahraga di gym. Jika Anda baru dalam latihan kekuatan atau menginginkan kenyamanan berolahraga di rumah, Anda dapat membangun kekuatan dan kepercayaan diri dengan latihan berat badan pada dip bar.

2. Menggunakannya mampu meningkatkan kontrol tubuh

Dip bar adalah peralatan yang bagus untuk melatih kesadaran dan kontrol tubuh secara keseluruhan, serta kekuatan. Kontrol tubuh adalah istilah kunci, yang mana gerakan otot yang terkontrol sangat penting untuk meningkatkan hal-hal seperti massa otot tanpa lemak dan postur keseluruhan untuk menjadi atlet yang berpengetahuan luas, apa pun levelnya.

Dengan kata lain, baik Anda seorang pemula atau yang sudah biasa melakukan latihan kekuatan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan dip bar untuk mengembangkan jenis khusus kekuatan terkontrol dan massa otot. Karena palang adalah permukaan yang kurang stabil daripada lantai dan banyak gerakan yang mengharuskan tubuh Anda digantung di ruang udara, Anda harus bekerja ekstra keras untuk menjaga diri Anda dalam posisi yang benar di setiap gerakan.

3. Dapat membakar lemak dan kalori lebih cepat

Olahraga yang kuat sebenarnya membakar lebih banyak lemak tubuh dari waktu ke waktu daripada kardio yang stabil. Kalistenik adalah kata yang bagus untuk latihan yang menggunakan berat badan Anda untuk membangun kekuatan, seperti push-up, pull-up, squat, handstand, dan lainnya.

Orang cenderung memilih olahraga kardio karena mereka berkeringat dan merasa seolah-olah mereka telah melakukan sesuatu, tetapi gerakan seperti yang disebutkan dengan menggunakan dip bar jauh lebih efektif dalam membakar lemak dan mendapatkan otot tanpa lemak.


Penggunaan dip bar


Dip bar digunakan sebagai penyangga latihan. Menggunakannya dapat membantu Anda melakukan latihan kebugaran tubuh bagian atas seperti push-up, tricep dips, arm raise, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa dip bar dapat digunakan untuk melakukan leg raise dan knee raise.

Pegangannya yang empuk memberikan pegangan non-slip selama latihan. Pelatih juga menyarankan latihan dip stand untuk membangun otot trisep dan perut. Oleh karena itu, Anda dapat menjaga tubuh tetap bugar tanpa mengangkat beban berat dengan dip bar yang baik.

 



Ukuran lebar dip bar saat digunakan


Lebar yang disarankan untuk memasang dip bar adalah 45-71 cm, tapi tetap saja Anda tidak boleh menganggap ini sebagai pedoman yang harus diikuti. Alasannya, ukuran tersebut hanya pengukuran rata-rata. Karena dips adalah latihan berat badan, ukuran lebarnya saat digunakan untuk latihan akan bervariasi dari orang ke orang.

Jadi, bagaimana Anda tahu seberapa lebar jarak saat Anda harus mencengkram dengan kedua tangan? Untuk menjawabnya, ikutilah langkah dasar di bawah ini dan Anda tidak akan salah.

· Untuk dasar melakukan tricep dip, tangan Anda harus selebar bahu dari palang atau permukaan yang Anda pegang dan ingatlah untuk menjaga lengan tetap lurus.

· Jika Anda merentangkan tangan, gunakan posisi siku sebagai penanda seberapa lebar genggaman Anda. Harap dicatat bahwa ini adalah lebar maksimum absolut yang harus Anda coba untuk kemiringan yang lebar.

· Untuk melakukan gerakan narrow grip dips yang menargetkan trisep terutama, Anda harus menggunakan ukuran selebar bahu untuk jaraknya.

· Untuk melakukan gerakan wide grip dips, ukuran pegangan yang sedikit lebih lebar dari lebar bahu akan menjadi ideal. Penekanan untuk membidik dada sebaiknya dilakukan dengan mencondongkan tubuh ke depan dan juga menyelipkan kaki ke depan. Ini menempatkan berat badan dan pusat gravitasi Anda ke depan yang lebih menekankan pada dada.

Intinya, Anda tidak perlu membuatnya terlalu rumit dan itulah mengapa Anda hanya benar-benar perlu mengatur dip bar ke dua lebar yang berbeda dengan rata-rata berkisar antara 45-71 cm.

 

Ukuran tinggi dip bar saat digunakan


Sama seperti sebelumnya, seberapa lebar bahu Anda itu menentukan seberapa lebar pegangan dip Anda. lalu, bagaimana dengan tinggi dips bar yang harus dimiliki atau diatur? Jawabannya, dip bar dapat diatur pada ketinggian antara 3-6 kaki.

Dengan ukuran itu, jika Anda dapat memperpanjang diri Anda melalui berbagai gerakan yang dilakukan entah ke atas dan ke bawah, Anda akan baik-baik saja. Ingatlah bahwa dengan bentuk yang tepat, kaki harus ditekuk di lutut saat Anda melakukan latihan dan harus mengimbangi jarak saat Anda menurunkan diri Anda selama latihan.

 

Cara memilih dip bar yang tepat


Ketika memilih dan akan membeli dip bar, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut pertimbangannya:

1. Bahan yang digunakan dip bar

Beberapa dip bar dibuat dari besi berlapis bubuk, sementara yang lainnya dibuat menggunakan bahan baja kokoh. Bahan-bahan tadi memiliki kualitas yang kuat dan dapat mencegah pembengkokan atau patahnya palang selama latihan.

Selain itu, kedua bahan tadi membuat dip bar tahan lama selama bertahun-tahun. Bahan yang kokoh juga memainkan peran penting dalam membuat dudukan mampu menahan beban berat. Oleh karena itu, sebaiknya membeli dip bar yang terbuat dari salah satu dari kedua bahan tadi.

2. Kapasitas berat

Faktor penting lainnya yang harus menjadi fokus saat membeli dip bar adalah kapasitas menahan bebannya. Sebagian besar produk dapat menahan berat di kisaran 136-227 kg. Jadi, pastikan Anda untuk memeriksa kapasitas berat sesuai dengan berat badan Anda dan ingatlah akan berat ekstensi atau peralatan lain yang mungkin Anda gunakan selama latihan dengan dip bar.

3. Pegangan dip bar

Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan dip bar berkualitas tinggi adalah pegangannya. Beberapa dudukan memiliki pegangan berlapis busa yang memungkinkan pegangan yang nyaman dan kuat saat berolahraga.

Selain itu, lapisan busa dapat mengurangi ketegangan pada tangan Anda dan mengurangi kemungkinan cedera otot dan kelelahan parah. Oleh karena itu, pilih pegangan yang membuat tangan Anda kuat dan nyaman sehingga tidak menimbulkan cedera.

4. Stabilitas

Pastikan untuk memeriksa fitur stabilitas seperti konektor pengaman dan kaki palang pemasangan sebelum membuat pilihan produk yang akan dibeli. Beberapa dip bar diperkuat dengan alas kaki karet, sementara yang lain memiliki dudukan berlapis busa untuk memberikan stabilitas pada palang selama sesi latihan. Ini juga mencegah goyangan atau tergelincirnya dip bar. Dengan demikian, Anda dapat melakukan latihan dengan aman tanpa takut cedera parah dan patah tulang.

5. Portabilitas

Jika Anda adalah penggemar kebugaran yang menginginkan peralatan yang dapat Anda bawa ke mana saja, memilih dip bar yang portabel adalah solusi terbaik. Kebanyakan dip bar ringan dan mudah dibawa-bawa. Selain itu, jika Anda seorang pelatih dan sering mengikuti sesi pelatihan pribadi, maka dip stand portabel adalah pilihan terbaik. Jadi, pastikan untuk memeriksa berat dan portabilitas produk sebelum memesannya.

6. Ukuran

Dip bar yang baik memiliki desain yang simpel sehingga dapat diletakkan di tempat yang lebih sempit. Selain itu, beberapa dip bar dapat disesuaikan dalam kisaran ketinggian 25-38 cm. Hal ini memberi Anda ruang yang cukup untuk melakukan berbagai latihan tanpa membuat diri Anda terluka. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa dimensi dan fitur penyesuaian ketinggian produk saat membeli dip bar.

7. Jaminan

Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi di dip bar adalah masa garansinya. Beberapa produk dip bar memiliki garansi beberapa bulan, sementara yang lain selama dua tahun. Beberapa perusahaan juga memberikan garansi seumur hidup untuk aksesori dip bar ini.

Kebijakan garansi memastikan kualitas produk yang layak. Juga, ini membantu mendapatkan pengembalian uang atau penggantian langsung jika produk rusak atau dikirim dengan bagian yang hilang.

 

Cara merakit dip bar

Kebanyakan dip bar dapat dirakit dan dibongkar hanya dalam beberapa menit menggunakan alat dasar. Anda dapat merujuk ke buku petunjuk yang disertakan bersama produk untuk menyiapkan dip bar dengan sempurna. Untuk panduan yang lebih akurat, Anda dapat menonton beberapa video online yang menunjukkan prosedur perakitan langsung produk, seperti video di bawah:


Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang dip bar. Pada dasarnya alat ini digunakan untuk latihan kekuatan dengan berat badan yang menjadi bebannya sendiri. Ukuran lebar dan tinggi yang pas saat menggunakannya akan memaksimalkan latihan dan manfaatnya. Pilihlah dip bar yang berkualitas dengan mempertimbangkan setiap poin yang tadi dijelaskan agar Anda tidak menyesal membelinya.

Produk dip bar yang berkualitas juga bisa Anda dapatkan dari produk SFIDN FITS. Produk yang kami miliki terbuat dari bahan baja yang kokoh dengan kapasitas berat sampai 220 kg. Untuk detail produk dan pembeliannya bisa dilakukan melalui website ini atau marketplace yang tersedia.

 

Referensi:

Shape. Dip Bars Are About to Be Your Favorite Piece of Workout Equipment.

Sport illustrated review, (2021). Build Powerful Muscles Without Lifting Weights With The Best Dip Bars.

Homegymhideaway. How Wide Should Dip Bars Be Apart?

Nerdfitness, (2021). How to Do a Proper Dip: Get Strong With the Dip Exercise.

Wise-geek. (2022). What Is a Dip Bar?