Blog

Info
Image

Destinasi Wisata Low-Budget nan High Education di Kota Malang, Kampung Topeng

October 15th, 2019

sfidnfits.com - Saat sedang berwisata, kegiatan yang cenderung dilakukan biasanya identik dengan bersenang-senang karena kita ingin melepaskan berbagai penat pasca menjalani berbagai kegiatan yang melelahkan. Namun, tidak selamanya berwisata harus melulu tentang bersenang-senang. Jika Anda cukup pintar dan cerdas dalam memilih berbagai opsi destinasi wisata, maka Anda bisa menghilangkan penat sekaligus menambah wawasan Anda.

Salah satu jenis wisata yang mampu menawarkan kedua hal tersebut biasa disebut dengan wisata edukasi atau wisata ajangkarya. Dalam wisata ini, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis wisata edukasi yang ditawarkan oleh pengelola, salah satu desitinasinya adalah Kampung Topeng.

 

Sekilas Tentang Wisata Kampung Topeng

 

Aneka inovasi wisata semakin gencar ditawarkan Kota Malang, dan Kampung Topeng adalah salah satunya. Destinasi wisata ini berada tepat di Desa Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Tempat yang baru diresmikan oleh walikota Malang pada tahun 2017 lalu ini memiliki luas lima ribu hektar persegi dengan ratusan aneka topeng yang berwarna dan penuh karakter. Selain itu, kampung ini juga memiliki aneka bunga cantik dan dua topeng raksaksa dengan tinggi 7,5 meter dan 5 meter yang menggambarkan dua tokoh wayang, yaitu Panji Asmorobangun dan Dewi Sekartaji. 

Anda akan disuguhi dengan berbagai lokasi foto yang instagramable sekaligus pengetahuan baru tentang berbagai jenis topeng disana. Selain itu, Anda juga akan diberi kesempatan untuk membuat serta mewarnai topeng Anda sendiri sebagai kenang-kenangan karena telah berkunjung ke sana.

Lokasi nya juga cukup mudah diakses dan bisa ditemukan lewat aplikasi google maps. Butuh sekitar setengah jam dari pusat kota malang untuk tiba di sana. Tiket masuknya juga hanya sebesar lima ribu rupiah saja.

Anda juga tidak perlu kebingungan tentang berbagai jenis topeng disana, karena ada banyak sekali warga setempat yang akan memberikan Anda pengetahuan tentang sejarah dan karakter topeng yang Anda lihat. Para warga disana juga sudah diberi pelatihan dan pembinaan yang baik untuk bisa memandu Anda dan para wisatawan lainnya.

 

Fasilitas yang Ditawarkan Kampung Topeng

 

Terdapat lebih dari 40 rumah di Kampung Topeng. Kampung ini menjadi wujud bentuk pemberdayaan pemerintah setempat kepada para penduduk yang dulunya adalah pengemis dan gelandangan Kota Malang. Masing-masing dari mereka diberi hunian seluas 3 x 4 meter dan usaha kerajinan topeng agar kehidupan mereka menjadi lebih baik. Pembinaan selama tiga tahun serta modal usaha juga tak lupa di berikan oleh pemerintah Kota Malang, makanya tidak heran jika Anda bisa menjumpai berbagai penjual makanan disana sebagai bentuk usaha para masyarakat setempat.

 

Bagaimana? Tertarik berlibur kesana? Yang pasti, Anda bisa menikmati berbagai jenis topeng yang indah sekaligus belajar sejarah dari aneka jenis topeng daerah Malang tersebut. Rasa simpati Anda juga akan semakin tumbuh dengan berbabaur melalui warga sekitar Kampung Topeng.