Blog

Image

Core Slider: Manfaat dan Cara Menggunakannya

February 15th, 2021

sfidnfits.com - Alat olahraga kini semakin modern. Tak hanya dapat ditemukan di tempat gym, Anda dapat memiliki alat olahraga di rumah. Salah satu fitness equipment yang dapat membuat Anda melatih seluruh tubuh adalah core slider atau yang dikenal pula dengan sliding discs. 

Core slider dapat membantu Anda untuk latihan kekuatan dengan tujuan melatih seluruh tubuh dengan workout di rumah. Core slider terdiri atas dua sisi, satu sisi terbuat dari plastik keras dan sisi lainnya terbuat dari kain berkualitas. Dua sisi core slider memungkinkan Anda untuk melakukan latihan di permukaan lantai mana pun. Core slider adalah alat olahraga yang ideal digunakan di rumah. 

Saat menggunakan core slider, otot inti, glutes, dan hamstring Anda akan aktif. Workout dengan core slider meningkatkan kekuatan, ketahanan, stabilitas, dan fleksibilitas tubuh. 

Ada beragam manfaat core slider, berikut beberapa yang telah SFIDNFITS rangkum. 


Manfaat Core Slider untuk Tubuh


sumber: blog.barre3.com


1. Meningkatkan kinerja otot 


Slider membuat Anda mengaktifkan otot tubuh, baik otot tubuh bagian atas, otot bagian bawah, maupun otot seluruh tubuh. Dengan core slider, Anda akan melakukan gerakan seluruh tubuh sehingga otot-otot pun ikut aktif dalam latihan. 


2. Menurunkan berat badan


Selain meningkatkan kinerja otot, core slider dapat menurunkan berat badan Anda. Oleh karena itu, latihan dengan core slider efektif bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 


3. Melatih keseimbangan


Menggunakan core slider dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih keseimbangan dan koordinasi. Saat latihan core slider,  Anda harus menyeimbangkan gerakan bagian tubuh kanan dan bagian tubuh kiri. Dengan demikian, stabilitas otot Anda akan tetap terjaga.


Cara Menggunakan Core Slider


sumber: verywellfit.com


Sebelum menggunakan core slider dalam latihan Anda, pastikan telah melakukan pemanasan. Selain itu, pilihlah baju olahraga yang tepat agar pergerakan tubuh tetap nyaman. Ada beberapa cara menggunakan core slider, berikut beberapa di antaranya.


1. Sliding Disc Mountain Climbers


sumber: Dr. Luke Sniewski

Sliding disc mountain climbers adalah latihan yang termasuk dalam intensitas tinggi. Berikut cara melakukan sliding disc mountain climbers.

  • Mulai dengan posisi plank dengan dua kaki berada di atas core slider 
  • Tangan terbuka selebar bahu untuk melatih kestabilan
  • Tekan lantai dengan kedua tangan dan angkat pinggul 
  • Arahkan pandangan ke depan dan aktifkan otot inti 
  • Mulai geser kaki Anda ke arah dada lakukan bergantian dari kiri ke kanan maupun sebaliknya
  • Tingkatkan intensitas dengan mempercepat gerakan

2. Sliding Disc Knee Tucks


sumber: Alloy Personal Training Franchise

Saat berlatih gerakan sliding disc knee tucks, otot bokong, otot inti, dan fleksor pinggul Anda akan aktif. Berikut cara melakukan gerakan sliding disc knee tucks.

  • Mulailah dengan posisi plank dengan kedua kaki di atas slider dan pandangan Anda ke depan
  • Jaga pinggul agar tetap sejajar dengan kaki dan mulai geser kedua lutut ke dalam untuk menyentuh dada Anda, jaga agar kaki Anda tetap di slider
  • Dorong lantai dengan telapak tangan
  • Tarik perut ke dalam saat Anda menggeser kaki kembali ke posisi awal papan, kembali ke tulang belakang netral


3. Sliding Disc Pushup


sumber: Howcast

Sliding disc pushup akan melatih seluruh tubuh bagian atas dan menguatkan otot inti. Untuk melakukan gerakan sliding disc pushup, berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktikkan. 

  • Mulailah dengan posisi plank dengan tangan di atas core slider an kaki terbuka selebar pinggul 
  • Letakkan core slider di atas tangan 
  • Lakukan gerakan push-up saat Anda menggeser tangan kanan ke samping
  • Aktifkan otot inti 
  • Geser tangan kanan ke dalam saat dan kembali ke posisi plank
  • Ulangi push-up dengan tangan yang berlawanan 
  • Lanjutkan hingga beberapa repetisi

Itulah manfaat dan cara menggunakan alat olahraga core slider. Pastikan Anda telah melakukan pemanasan sebelum menggunakan alat fitness ini.

Untuk latihan yang maksimal, Anda harus memilih core slider dengan kualitas yang awet dan tahan lama. Salah satu produk core slider yang dapat memudahkan aktivitas olahraga Anda adalah FITS Core Slider. Diproduksi oleh brand lokal, SFIDN FITS, FITS Core Slider diproduksi dengan PVC dan busa berkualitas. Tak hanya itu, core slider ini juga anti-slip sehingga membuat gerak Anda menjadi lebih fleksibel. 


Beli FITS Core Slider di Sini!