Blog

Image

Cara Mudah Membersihkan Sarung Tangan Fitness

October 23rd, 2020

sfidnfits.com - Saat Anda mengangkat beban berat saat latihan, sarung tangan dapat membantu melindungi tangan dari gesekan dan membuat cengkraman lebih kuat. Namun, hal itu bisa membuat sarung tangan menjadi lembap dan menimbulkan bau tidak sedap. Penyebabnya karena pada saat Anda latihan, tubuh mengeluarkan keringat, termasuk tangan Anda. 

Ketika menggunakan sarung tangan, aspek yang harus diperhatikan adalah pastikan sarung tangan dalam keadaan kering sebelum digunakan. Jika menggunakan sarung tangan yang basah atau lembap, tangan Anda akan terpapar bakteri. Sarung tangan yang terpapar banyak bakteri, justru akan membahayakan kulit, misalnya menimbulkan alergi atau iritasi. Oleh karena itu, sarung tangan fitness atau fitness gloves wajib dibersihkan dengan rutin. Berikut beberapa cara membersihkan sarung tangan fitness dengan mudah dan cepat. 

Tips Membersihkan Sarung Tangan Fitness 



1. Pastikan bahan sarung tangan bisa dibersihkan 

Sebelum membersihkan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahan dasar sarung tangan Anda. Jika terbuat dari bahan dasar kulit, artinya sarung tangan tidak bisa dicuci dan dibersihkan setiap latihan. Hal itu dapat membuat sarung tangan cepat rusak dan tidak tahan lama. Untuk sarung tangan jenis ini, sebaiknya hindari membersihkannya di mesin cuci. Cukup rendam atau semprotkan dengan air wewangian. 

2. Bersihkan bagian dalam 

Bersihkan bagian dalam dengan disinfektan atau cuka sari apel. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan jamur yang terdapat dalam sarung tangan fitness. Hindari zat-zat kimia untuk membersihkan sarung tangan. Hal itu akan merusak sarung tangan dan kulit Anda. Hindari pula produk detergen yang hanya menutupi aroma tidak sedap, tetapi tak menghilangkan bakteri. Penggunaan detergen jenis ini bisa membuat sarung tangan kaku dan tidak nyaman saat digunakan. 

3. Bersihkan permukaan sarung tangan bagian luar

Semprotkan cuka dan larutan air ke bagian luar fitness gloves. Saat membersihkan, pastikan Anda menggunakan sarung tangan plastik. Setelah dibersihkan, ambilah handuk bersih untuk menghilangkan bekas kotoran, dan keringat.


4. Netralkan bau tak sedap dengan baking soda

Baking soda adalah pewangi yang digunakan untuk menghilangkan dan menetralkan bau tak sedap. Taburkan sedikit baking soda setelah Anda bersihkan bagian dalam dan luarnya. Kemudian tunggu beberapa menit. Untuk menghilangkan baking soda dari sarung tangan, gunakan kain bersih. 

5. Gunakan essential oils agar sarung tangan harum 

Essential oil bertujuan untuk menciptakan aroma harum. Beberapa minyak esensial juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri dan antijamur. Oleh karena itu, essential oil dapat digunakan untuk membuat sarung tangan Anda harum. Tambahkan 10 tetes minyak esensial pilihan Anda ke dalam botol semprot, campurkan dengan satu cangkir (240 ml) air dan semprotkan satu hingga dua kali ke sarung tangan Anda. Ada beberapa minyak esensial yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau dan antibakteri, yaitu serai, eucalyptus, jeruk, dan mawar. 

6. Keringkan sarung tangan 

Setelah selesai membersihkan dan membuat sarung tangan menjadi harum, keringkan di tempat yang tidak terpapar langsung sinar matahari. Hal itu bertujuan agar sarung tangan tidak kaku saat digunakan kembali. Sebaiknya, Anda menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan sarung tangan atau gloves fitness. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, sarung tangan akan terhindar dari bakteri, jamur, dan akan lebih harum saat digunakan.