Blog

Image

Cara Memasang Hammock di Pohon dengan Tepat

August 11th, 2022

sfidnfits.com – Memperlajari cara memasang dan menggantung hammock di pohon dengan benar adalah hal yang sangat penting jika kamu suka berkemah, hiking, atau backpacker-an di alam terbuka dengan membawa hammock.

Pemasangan yang tepat dapat membuatmu aman dan nyaman bersantai di atasnya. Plus, mengurangi risiko kerusakan pada pohon sehingga kamu dapat menjaga kelestarian alam.

Nah, untuk tahu bagaimana cara memasang dan menggantung hammock dengan benar di antara pohon, simak langkah demi langkahnya di bawah ini.


Cara Memasang Hammock di Pohon dengan Tepat


1. Pilih tali dan pengait hammock yang tepat


Langkah pertama yang harus diperhatikan itu adalah tali dan pengait untuk memasang dan menggantung hammock.

Ketika digantung di pohon, tali yang ukurannya lebih lebar itu lebih direkomendasikan daripada tali tipis. Alasannya, tali yang ukurannya kecil dan lebih tipis itu dapat merusak pohon.

Selain itu, ketika kamu memasang hammock pada pohon, pastikan untuk tidak menggunakan palu atau sekrup apa pun yang merusak kulit pohon. Jika kamu ingin panjangnya yang mudah disesuaikan, pakai tali yang menggunakan banyak loop karena itu akan mempermudahkanmu untuk mengatur ketinggian hammock.

Jangan lupakan juga pada bagian pengaitnya. Dibandingkan S-hook, pengait yang jauh lebih aman adalah clip carabiner untuk digunakan saat berkemah karena dapat menahan beban yang jauh lebih aman.

Jadi, ketika memilih tali dan pengaitnya, pastikan kamu membaca detail produknya dengan teliti.

 

2. Temukan pohon yang tepat untuk pemasangan hammock


Selanjutnya adalah pemilihan pohon untuk menggantung hammock. Carilah dua pohon yang memiliki jarak 300-450 cm dengan kondisi pohon yang sehat, kokoh, dan kuat serta diameter batang minimal berukuran 6 inci.

Jika pohon bergerak setelah kamu duduk, atau rebahan di atas hammock, maka pohon itu terlalu kecil dan kamu harus mencari yang jauh lebih besar lagi.

Demi keamanan, jangan pernah menggunakan pohon yang kondisinya kurang baik karena dapat menyebabkanmu cedera bila pohon itu tumbang.

Selain itu, pohon-pohon tertentu dengan kondisi kulit yang tipis dan halus tidak cocok untuk menggantung hammock, seperti pohon birch dan cemara.  Sebelum memasang dan menggantung hammock, kamu juga perlu memperhatikan sekitarnya.

Lihat ke atas dan dan pastikan tidak ada cabang mati, puing, atau benda lain yang mungkin jatuh menimpahmu. Perlu diingat juga untuk hanya menggantung satu hammock pada dua pohon.




3. Gantung hammock pada sudut dan ketinggian terbaik


Sumber gambar: unigearshop.com

Setelah kedua langkah tadi sudah dilakukan dengan tepat, sekarang adalah gilirannya untuk memasang hammock pada pohon. Mulailah dengan membungkus kain penahan (anchor strap) di sekitar pohon dan melewati tali melalui kain atau lingkaran logam di ujungnya.

Tali pengikat ini harus diletakan rata pada pohon, dan tidak boleh dipelintir atau dilipat. Jika kamu ingin membuat tali pohon, tali biasa dan suspensinya aman, maka beri jarak setidaknya sekitar 120 cm di atas pohon, dan kamu bisa terus menaikan tingginya jika diperlukan.

Lalu, jepit carabiner ke ujung hammock melalui salah satu loop di tali. Tujuannya adalah agar hammock menggantung pada sudut 30 derajat di kedua sisi untuk memberikan jumlah kekuatan yang tepat.

Jika hammock ditarik terlalu kencang itu akan memberi lebih banyak kekuatan pada suspensi dan titik jangkar. Ketinggian rata-rata antara tanah dan posisimu saat berada di atas hammock adalah sekitar 18 inci.

 

4. Amati batas berat hammock dan uji coba sebelum menggunakannya


Dalam pemasangan akan ada sedikit trial and error. Oleh karenanya, kamu harus tetap memastikan hammock terpasang aman dengan cara menguji cobanya.

Periksa kembali batas berat hammock sebelum menggunakannya. Caranya adalah dengan duduk secara perlahan pada hammock untuk mendistribusikan berat badanmu di sana.

Jika pohon bergerak, atau tidak terasa aman, maka bangkitlah dari hammock, perbaiki lagi atau kamu juga bisa memindahkannya ke pohon yang lebih besar. Selain itu, bagian dari pengujian hammock adalah membiarkannya meregang dan mengencangkan tali pada saat yang bersamaan.

Dari pengujian ini, kamu akan sering-sering menyesuaikan tali pengikat untuk membuat hammock senyaman mungkin. Setelah cukup nyaman dan kuat, kamu bisa mulai menggunakannya.

Mengetahui cara memasang dan menggantung hammock akan membuatmu nyaman untuk bersantai di atasannya. Pastikan setelah kamu selesai menggunakannya, kamu harus menyimpannya kembali dengan rapi pada tempat yang kering untuk membuat hammock tahan lama dan awet.

 

Referensi:

Bobvila, (2022). How to Hang a Hammock.

Unigearshop, (2020). How to Hang a Hammock with Tree Straps.

Gardeningetc, (2022). How to hang a hammock on a tree: 4 steps for installing this summertime seating solution.