Blog

Info
Image

Biasa Naik Lift? Ganti dengan Naik Tangga dan Rasakan Manfaatnya!

August 13th, 2019

sfidnfits.com - Pada umumnya, sebagian besar dari kita tentu lebih memilih naik lift daripada naik tangga. Naik lift memang lebih mudah, tidak buang-buang waktu, dan tentu saja tidak memakan banyak tenaga. Namun ternyata, naik tangga itu mampu memberikan banyak manfaat kesehatan, lho. Apa saja sih manfaatnya? Berikut ini informasinya!

Manfaat Naik Tangga

Sebenarnya, saat ini sudah banyak sekali fasilitas publik yang menyediakan anak tangga, walaupun didalamnya juga tersedia lift atau eskalator. Tangga di buat bukan tanpa alasan, selain dijadikan untuk jalur evakuasi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, tangga juga dibuat karena sudah banyak orang yang menjadi manfaat naik tangga. Hal ini didukung dengan beberapa peneliti dari MCMaster University yang melaporkan bahwa naik tangga bisa dijadikan sebagai pilihan olahraga alternatif untuk mereka yang tidak sempat nge-gym. Berikut ini adalah manfaatnya.

1. Membakar Lebih Banyak Kalori


Sebuah studi melaporkan bahwa kebiasaan naik-turun tangga bisa membakar lebih banyak kalori permenitnya daripada jogging. Para peneliti menjelaskan bahwa kegiatan naik-turun tangga mampu mengeluarkan kalori 8 hingga 9 kalori lebih banyak dari pada duduk dan 7 kali lebih banyak daripada kamu naik lift. Mereka menambahkan bahwa setiap satu langkah naik-turun tangga, tubuh mampu membakar banyak kalori. Hanya asja kalori yang terbakar pada saat naik akan lebih banyak dan cepat daripada turun tangga. Hal tersebut dikarenakan tekanan yang dikirim oleh tubuh saat mendaki lebih besar daripada saat turun.

Dalam 10 langkah naik tangga, kalori yang terbakar adalah 1 kalori, dan memerlukan 20 langkah turun tangga untuk membahar 1 kalori. Untuk kamu yang mengalami masalah dengan berat badan dan kesulitan memilih jenis olahraga yang cocok, kamu bisa memilih olahraga ini di rumah maupun di tempat publik lainnya seperti di taman.

2. Menurunkan Risiko Stroke


Manfaat lainnya dari naik-turun tangga adalah mampu menurunkan resiko stroke. Hal ini telah diteliti oleh para peneliti dari Harvard Alumni Health Study yang melibatkan lebih dari 11 ribu pria dewasa. Para peneliti melaporkan bahwa 29% pria telah mengalami penurunan resiko stroke jangka panjang setelah diminta untuk naik-turun tangga sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

3. Menyehatkan Jantung


Telah banyak studi yang berhasil membuktikan bahwa membiasakan diri dengan menggunakan tangga mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kenapa? karena naik tangga mampu melancarkan aliran darah yang membawa oksigen ke jantung dan mampu meningkatkan kesehatan jantung sehingga bisa terhindar dari resiko penyakit jantung.

Meningkatnya kesehatan jantung ini sangat berpengaruh bagi harapan hidup seseorang. Sebuah penelitian yang tertilis dalam jurnal Circulation melaporkan bahwa gaya hidup naik tangga mampu menurunkan resiko kematian sebanyak 38%. Persentase tersebut bisa lebih meningkat jika ditambahkan dengan olahraga lainnya.




4. Meningkatkan Kekuatan Otot


Ketika melakukan kegiatan naik tangga, maka otomatis tulang dan otot di seluruh tubuh akan bergerak secara aktif, mulai dari otot lengan, otot kaki, sampai otot punggung. Banyaknya pergerakan tulang dan otot tersebut akan mengurangi terjadinya tulang kropos atau osteoporosis. Disaat yang sama, metabolime tubuh akan meningkat sehingga kalori pun akan lebih banyak terbakar. Hal tersebut tentu saja akan mampu menurunkan berat badanmu perlahan-lahan seiring dengan pembakaran kalori karena kebiasaan naik-turun tangga.

Tidak berhenti disana, para pengidap diabetes juga ternyata merasakan hal yang sama. Kenapa? karena pergerakan otot skeletal sangat bermanfaat untuk mengendalaikan gula darah yang stabil sehingga gula darah tidak akan cepat naik secara drastis dan membuat para penderita diabetes menjadi lebih sehat

5. Melawan Rasa Malas


Kenal isitilah mager? Ya, mager atau malas gerak adalah suatu hal yang membuat anak-anak dan orang dewasa jaman sekarang mudah terkena obesitas karena kurang gerak. Oleh sebab itu, membiasakan diri dengan naik-turun tangga meruapakan pilihan yang tepat untuk kamu yang memiliki kebiasaan mager. Kamu bisa memulainya dengan memilih naik tangga dari pada naik lift atau eskalator saat berada di lift maupun mall.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan saat mampu melakukan kebiasaan naik tangga secara rutin. Namun ingat, kamu harus menggunaakan beberapa aksesoris yang tepat dalam melakukan kegiatan ini agar terhindar dari cedera. Baju yang dikenakan pun harus mampu menyerap keringat dan berfungsi dengan baik saat melakukan kegiatan ini. Anda bisa menggunakan baju Fits Threadarmor Natural yang terbuat dari bahan 50% cotton dan 50% Polieste sehingga tetap nyaman digunakan walaupun sedang dalam aktivitas yang berat. Sekian, semoga berguna.