Blog

Info
Image

Berkunjung ke Destinasi Wisata Paling Indah di Belitung

October 10th, 2019

sfidnfits.com – Jika berbicara tentang Pulau Belitung, hal utama yang terbesit di benak pastilah film Laskar Pelangi dan deretan pantai yang patut dikagumi. Film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hirata ini berhasil menceritakan kisah persahabatan dan kisah mengejar impian sekaligus menunjukkan alam Belitung yang begitu mengesankan. Tak heran, Belitung kini menjadi salah satu pulau yang keindahan alamnya sudah terdengar bahkan di telinga turis mancanegara. Maka dari itu, mari lihat satu per satu deretan wisata paling indah yang ada di negeri Laskar Pelangi yakni Belitung.  

Pantai Tanjung Kelayang


Pantai Tanjung Kelayang yang merupakan primadona wisata Kepulauan Bangka Belitung dengan luas area 324,4 hektar. Luas area tersebut dihiasi dengan bebatuan granit yang salah satu tumpukannya menyerupai kepala burung Garuda. Menurut legenda yang ada, bebatuan granit tersebut pun sudah ada sejak jaman purba dan tidak pernah bergeser posisinya. Terlepas dari itu, Pantai Tanjung Kelayang yang berpasir putih lembut dan laut berwarna biru jernih menjadi area wisata favorit bagi turis yang ingin menikmati alam sekaligus melihat keindahan matahari tenggelam.


Pantai Tanjung Tinggi


Pantai Tanjung Tinggi juga termasuk pantai terkenal di Belitung yang menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Pantai seluas 80 hektar ini terletak di sebelah utara Belitung, tepatnya 37 km dari Tanjung Pandan. Sama seperti Pantai Tanjung Kelayang, Pantai Tanjung Tinggi juga didominasi oleh pasir putih dan bebatuan granit berukuran raksasa. Bahkan, air laut di Pantai adalah yang paling jernih di antara pantai-pantai lain. Meski begitu, bagi wisatawan yang gemar snorkeling dan diving, diharapkan untuk berhati-hati terhadap serangan ubur-ubur yang sesekali berada di wilayah tersebut.


Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pulau Belitung. Untuk menyebrang ke pulau ini, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 30 menit menggunakan kapal. Di tengah perjalanan, wisatawan akan mulai disambut dengan mercusuar yang menjulang tinggi di tengah pulau. Dari atas mercusuar yang telah berdiri sejak 1882 itu pun wisatawan dapat menikmati keindahan pulau-pulau dari ketinggian. Jika sudah menikmati pemandangan dari ketinggian, wisatawan bisa melanjutkan aktivitas dengan menyelam dan melihat keindahan bawah laut Pulau Lengkuas.


Danau Kaolin


Danau Kaolin sebenarnya bukan tempat wisata umum, melainkan kawasan tambang di Pulau belitung. Danau Kaolin menyajikan pemandangan berupa air danau berwarna biru dan kaolin berwarna putih. Sekilas, pemandangannya menyerupai Kawah Putih di Kota Bandung. Keindahan alam itulah yang akhirnya membuat beberapa agen wisata memasukkan Danau Kaolin ke dalam paket wisatanya. Terlebih sejak banyaknya fotografer lokal dan mancanegara yang mengetahui potensi keindahan danau tersebut.


Dermaga Kirana


Dermaga Kirana yang juga disebut oleh warga sekitar sebagai Rumah Keong merupakan destinasi wisata baru di Belitung. Destinasi wisata ini memang memiliki banyak tempat bersantai yang menyerupai rumah keong. Uniknya lagi, semua bahan bangunannya terbuat dari rotan. Dermaga ini juga dihiasi oleh beberapa perahu yang bisa mengantarkan wisatawan berkeliling danau. Meski sebenarnya, lebih banyak wisatawan yang memilih berfoto di dermaga atau di atas perahu dengan latar belakang danau.


SD Laskar Pelangi


Terletak di Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di seberang Dermaga Kirana, wisatawan dapat mengunjungi replika SD Laskar Pelangi. Meski bukan yang asli, wisatawan tetap dapat merasakan aura yang sama seperti yang diperlihatkan di dalam film. Bangunan dan tiang bendera yang tidak memadai hingga pasir pantai yang juga melengkapi.


Museum Kata Andrea Hirata


Museum Kata Andrea Hirata adalah museum literatur pertama di Indonesia. Museum ini menyajikan banyak karya Andrea Hirata termasuk koleksi film Laskar Pelangi. Bahkan, ada cerpen khusus yang tidak diterbitkan secara umum, namun bisa dibaca di sini. Itulah alasan mengapa Museum Kata termasuk destinasi wisata primadona. Terlebih karena tujuan dibangunnya museum ini untuk menginspirasi anak-anak dan remaja di Desa Gantong agar mampu mengembangkan bakat seni mereka.


Itu dia beberapa destinasi wisata paling menarik dan indah di Pulau Belitung. Selain keindahan alam, destinasi wisata tersebut juga menawarkan kilas balik film Laskar Pelangi yang berhasil menarik perhatian seluruh penjuru negeri. Jadi, jangan lupa berkunjung ke Belitung, ya!