Blog

Image

Berbagai Trik Mudah Atasi Matras Yoga Licin

June 14th, 2022

sfidnfits.com – Baru beli matras yoga, tapi terasa licin saat kamu menggunakannya? Tentu saja ini membuatmu kesal, apa lagi jika kamu telah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk sebuah matras yang kamu kira itu adalah produk yang bagus.

Namun, sebelum menyalahkannya, kamu harus tahu nih bahwa hampir semua matras baru itu terasa licin. Yang perlu kamu lakukan hanyalah berusaha untuk mengatasi masalah itu. Kamu bisa mencoba berbagai triknya di artikel ini agar matras tetap stay di tempatnya.

 

Berbagai Trik Mudah Atasi Matras Yoga Licin


Penyebab matras terasa licin


Meski matras baru memang terasa licin, tapi ada juga penyebab lainnya. Simak, yuk sebabnya di bawah ini:

· Matras masih baru: Kebanyakan matras yoga yang licin saat masih baru terbuat dari bahan polivinil klorida (PVC). Bahkan, matras PVC premium pun akan terasa licin pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, bahan ini akan menjadi lebih lengket.

· Beberapa bahan matras lebih licin: Rubber, elastomer termoplastik (TPE), dan bahan polyurethane cenderung tidak memiliki kelicinan awal yang sama dengan yang PVC. Faktanya, cengkeraman yang baik sejak awal merupakan nilai tambah yang besar untuk jenis matras ini.

· Minyak atau body lotion: Jika kamu biasanya melakukan yoga setelah melembabkan kulit, ada kemungkinan produk tersebut yang menyebabkan kulit licin dan membuatmu mudah tergelincir.

· Banyak berkeringat: Beberapa orang secara alami berkeringat lebih banyak daripada yang lain. Atau, mungkin kamu sedang melakukan Bikram yoga dan ruangan bersuhu 105 derajat F dengan kelembaban 40 persen. Matras yang basah dapat dengan mudah menjadi matras yang licin.

· Pose yoga yang menyulitkan: Beberapa pose yoga bisa sangat menantang. Bagaimanapun, matras bisa bergeser jika kamu keluar dari pose.

 



Tips dan trik atasi matras yoga licin


1. Gunakan matras lebih sering

Trik pertama dan paling umum yang biasanya digunakan adalah dengan menggunakan matras lebih sering.

Ketika kamu memiliki matras yoga yang baru, kemungkinan besar matras tersebut terbuat dari bahan PVC, yang secara default terasa sangat licin di awal penggunaan.

Oleh karenanya, kamu harus sering berlatih menggunakan matras tersebut agar bahannya bisa merekat di permukaan. Rentang waktu untuk mencapai hal tersebut bisanya setelah 2 minggu pemakaian terus menerus.  

 

2. Cucilah matrasmu

Nah, cara termudah lainnya dan paling umum digunakan oleh praktisi yoga mengatasi matras yang licin adalah dengan meletakkan matras di mesin cuci dan biarkan direndam sebentar, lalu angkat dan jemur.

Kamu juga bisa mencelupkan matras ke dalam air dingin sebentar dan menjemurnya di udara hingga kering. Ketika mencucinya jangan pernah meremas atau memutar matras karena hal itu dapat merusak lapisannya.

Mencuci matras dilakukan untuk mempercepat penuaan bahan, terutama bahan yang terbuat dari PVC.

 

3. Gunakan handuk

Jika kamu memiliki telapak tangan atau kaki yang mudah berkeringat dan menyebabkanmu terpeleset, kamu perlu menggunakan handuk berbahan katun. Cukup letakkan handuk di lapisan atas dan kamu tidak akan terpeleset selama latihan.

Namun, jika itu tidak berguna dan kamu terus tergelincir, maka carilah produk handuk anti-slip dengan bahan kain microfiber. Jenis handuk ini dapat menyerap keringat dan dirancang untuk digunakan di atas matras yoga.

Cukup semprotkan sedikit air ke lapisan atas matras lalu taruh handuk microfiber yang cepat kering di atasnya.

Metode ini tidak hanya akan membantumu mengurangi licin, tetapi juga kenyamanan latihanmu akan jauh lebih tinggi. Plus, bisanya handuk microfiber sering digunakan dalam latihan Bikram yoga.

 

4. Percikan sedikit air di atas matras

Kamu mungkin heran dengan trik satu ini, tapi ini memang benar adanya. Kamu bisa memercikkan air di atas matras agar tidak terlalu licin. Trik ini akan memudahkanmu untuk melakukan berbagai pose, tanpa cedera.

Perlu diingat juga untuk tidak membasahi seluruh matras. Cukup percikan di tempatmu akan meletakkan tangan dan kaki.


5. Gunakan sarung tangan dan kaos kaki

Sarung tangan dan kaus kaki slipless juga bisa membantu untuk mengatasi kelicinan matras. Sarung tangan atau kaus kaki ini dirancang khusus dengan bahan karet yang membantu mencapai cengkeraman yang tepat.

Selain itu, bahannya memiliki sifat breathable sehingga jika tangan dan telapak kakimu mudah berkeringat, ini adalah cara yang bagus.

Cara lain yang baik untuk mengurangi licin adalah dengan menggunakan yoga strap karena sebagian besar pose dilakukan sambil berdiri di atas matras.

 

6. Gunakan garam

Beberapa merek matras tidak merekomendasikan penggunaan garam, tapi jika matrasmu masih terasa licin, cobalah menggunakan garam.

Untuk melakukan trik ini, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh garam dengan air dan semprotkan campuran tersebut di atas matras. Biarkan selama 12 - 24 jam dan pastikan untuk mencucinya dengan air biasa sesudahnya.

 

Hal yang tidak boleh dilakukan


Jangan gunakan cuka sari apel, yang merupakan asam kuat untuk mengatasi masalah matras yoga yang licin karena dapat merusak bahannya.

Juga, hindari mengeksposnya ke sinar matahari dan menaruh garam yang berlebihan di atas matras. Pasalnya, kedua hal tersebut akan memecah rubber, TPE, dan polyurethane, dan mungkin caranya tidak akan banyak berguna, bahkan untuk matras PVC.

Selain itu, jangan menggunakan bahan kimia keras karena ini  tidak hanya akan merusak lapisan matras, tetapi juga berpotensi merusak matras yang sebenarnya dan menyebabkan kerusakan dan perubahan warna.

Sekarang sudah tahukan apa yang harus dilakukan? Kini masalah matras yoga yang licin bisa kamu atasi dengan mudah, jadi tidak perlu khawatir lagi. Selamat mencoba!

 

Referensi:

Timesofindia, (2020). 4 Easy Hacks To Stop Slipping On A Yoga Mat.

Yogamatters, (2019). How to Fix a Slippery Yoga Mat.

Disruptsports, (2019). 10 Tips to Make Your Yoga Mat Less Slippery.

Verywellfit, (2021). How to Fix a Slippery Yoga Mat.