Blog

Image

Ankle Straps: Manfaat, Cara Menggunakan dan Tips Memilihnya

June 8th, 2022

sfidnfits.com – Tahukah kamu, melatih tubuh bagian bawah dapat membantumu membakar lebih banyak kalori dan mempercepat proses penurunan berat badan?

Melatih tubuh bagian bawah membantu melibatkan kelompok otot utama, memperkuat inti dan tulang, mengurangi nyeri sendi, membentuk kaki, membuat tubuh simetris, dan masih banyak lagi.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang berlatih sangat keras untuk tubuh bagian bawah mereka.

Salah satu aksesoris yang dapat mendukung olahraga tersebut dengan sangat sempurna adalah ankle straps. Penjelasan ankle straps dari manfaat hingga cara penggunaannya dapat diketahui di bawah ini!


Ankle Straps: Manfaat, Cara Menggunakan dan Tips Memilihnya


Apa itu ankle straps?


Ankle straps adalah aksesoris olahraga yang sangat berguna yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan tubuh bagian bawah yang sempurna.

Talinya digunakan dengan cara diikat di sekitar pergelangan kaki dan aksesoris ini dilengkapi dengan pengait di bagian belakang atau sampingnya sehingga dapat kamu kaitkan pada mesin, yang disebut katrol kabel.

Menggunakan ankle straps yang dikaitkan pada katrol kabel memungkinkanmu melatih kaki dan perutmu secara efektif dengan ruang gerak yang bebas.

Sifat unik dari ankle straps akan membantu melatih otot kaki lebih baik daripada peralatan olahraga lainnya.

 

Cara kerja ankle straps

Ankle Straps sangat bagus untuk mengencangkan otot kaki dan perut. Aksesoris ini membantumu menargetkan betis, kaki bagian bawah, tubuh bagian bawah dan otot glutes.

Ankle straps efektif dalam memperkuat dan mengkondisikan otot. Ankle straps membantumu melakukan latihan kekuatan dan kardio dalam satu waktu.

Berbagai macam latihan yang bisa dilakukan dengan menggunakan ankle straps adalah cable mountain climbers, cable reverse kickbacks, cable lunges, cable squats dan lainnya.

Fungsi utama menggunakan ankle straps adalah untuk menciptakan lebih banyak resistensi dan meningkatkan efektivitas latihan.

Karena lebih banyak tekanan dirasakan pada otot yang ditargetkan, otot tersebut menjadi lebih kuat dan membentuk otot yang tepat. Semakin banyak keterlibatan otot, semakin banyak lemak yang terbakar di sekitar area yang ditargetkan.

 

Manfaat menggunakan ankle straps


Menggunakan ankle straps yang dikaitkan pada katrol kabel dapat membuat latihanmu semakin efektif. Tidak heran bila banyak orang yang menggunakannya. Banyak manfaat yang akan didapatkan, berikut manfaat besarnya:

1. Membantu membentuk tubuh bagian bawah dengan sempurna

Ankle straps adalah perlengkapan olahraga yang ideal untuk mendapatkan tubuh bagian bawah yang kencang, ramping, dan kuat.

Ketika digunakan dengan mesin kabel, berolahraga menggunakan ankle straps membantu menargetkan otot betis, paha belakang, dan bahkan glutes.

Oleh karena itu, kamu dapat mengencangkan dan memperkuat otot-otot tubuh bagian bawahmu hanya dengan memiliki aksesoris ini!

2.  Memungkinkanmu melakukan berbagai macam latihan

Ankle straps adalah cara sempurna untuk menambah variasi latihan untuk menargetkan tubuh bagian bawahmu.

Aksesoris ini dapat dengan mudah dikaitkan dengan mesin kabel standar apa pun sehingga kamu dapat melakukan latihan leg extensions, hip abductors, dan variasi latihan tubuh bagian bawah lainnya.

3. Peralatan olahraga yang nyaman digunakan

Ankle straps berada pada kelas premium dan memiliki desain smart-fit. Yang mana, ini memungkinkan ankle straps pas dengan nyaman dikenakan pada pergelangan kakimu tanpa mengalami lecet atau tergelincir saat berolahraga.

Selain itu, ankle straps juga membantu mendistribusikan berat secara merata sehingga kamu tidak menderita memar dan menikmati rezim latihan tubuh bagian bawahmu.

4. Memberikan keamanan saat latihan

Setiap ankle straps dilengkapi dengan sistem pengikat yang andal dan dapat mendukung tarikan, beban, dan peregangan ekstra, terutama selama latihan berat.

Sistem pengikat yang unik memastikan bahwa ankle straps tetap pas dan tidak pernah bergerak ke atas dan ke bawah saat kamu latihan sehingga kamu dapat berolahraga dengan aman dan nyaman.

 



Apakah ankle straps hanya untuk wanita?

Ankle straps dapat digunakan oleh pria dan wanita. Aksesoris ini tidak hanya ditunjukkan untuk wanita saja dengan alasan untuk melatih dan membentuk glutes.

Ankle straps adalah aksesoris tambahan yang efektif untuk mesin kabel yang digunakan untuk mengintensifkan latihan. Untuk semua pria di luar sana, kamu perlu menggunakan ankle straps untuk mendapatkan paha belakang yang kencang dan berotot.

Ankle straps harus menjadi pilihan aksesoris ideal saat kamu berencana untuk mengencangkan tubuh bagian bawah, khususnya bagian kaki. Ankle straps membantu meningkatkan kekuatan di kaki, mengencangkan otot, membakar lemak, dan membentuknya.

Tentunya karena hal ini, ankle straps menjadi aksesoris universal dan dapat digunakan oleh pria dan wanita. Kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan otot untuk memenuhi tujuanmu.

 

Cara memasang dan menggunakan ankle straps


Ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini untuk menggunakan ankle straps dengan benar:

  • · Temukan mesin kabel dengan katrol yang dapat disesuaikan.
  • · Sesuaikan kabel.
  • · Pasang ankle straps di sekitar kedua pergelangan kakimu.
  • · Pastikan pemasangannya pas, nyaman dan aman untuk bergerak.
  • · Kaitkan pengait ankle straps ke lampiran carabiner pada katrol kabel.

Setelah kamu belajar menggunakan tali pergelangan kaki dengan benar, kamu dapat melakukan berbagai macam latihannya, mulai dari mengencangkan glutes, otot inti dan betismu.

 

Tips memilih ankle straps terbaik

Memilih ankle straps yang cocok dengan kualitas terbaik cukuplah sulit. Kamu harus memiliki pengetahuan dan ketelitian. Nah, di sini kami akan memberimu saran terbaik dalam memilih ankle straps, jadi simak baik-baik.

Ada berbagai jenis ankle straps yang tersedia di pasaran dengan berbagai kualitas. Ankle straps terbaik harus memiliki kategori berikut:

1. Bantalan yang empuk

Bantalan empuk akan memastikan pergelangan kakimu tidak memar saat berolahraga dan bergesekan dengan kain yang kasar.

Bantalan juga akan membantumu merasa nyaman dengan perlengkapan olahraga baru dan memungkinkanmu untuk terbiasa menggunakannya dengan cepat.

2. Terbuat dari kain nilon jahitan ganda

Bahan nilon pada jahitan ganda akan memberimu rasa aman saat berolahraga di mesin katrol kabel. Pasalnya, saat menggunakan mesin katrol kabel, kamu telah memasang beban di sisi lain dan menarik semua beban melalui kabel yang terhubung ke pergelangan kakimu.

Ketika kamu menggunakan kekuatan untuk menarik beban tersebut, jahitan nilon ganda akan memastikan ankle straps tidak terlepas dari pergelangan kakimu. Tentu saja hal ini membantumu mengangkat beban yang lebih berat tanpa takut mengalami kerusakan.

3. Tali Velcro harus kuat

Selain itu, tali velcro akan memastikan bahwa ankle straps diikatkan di pergelangan kakimu dengan erat sehingga tali tetap di satu tempat dan tidak pernah bergerak naik turun selama kamu berolahraga.

4. Ukuran ankle straps harus lebar

Ukuran ankle straps ekstra lebar akan memungkinkanmu untuk berolahraga tanpa takut akan inversi atau eversi sehingga kamu dapat mencapai hasil dari latihan tubuh bagian bawah yang sempurna secara simetris tanpa cedera.

Jadi, begitulah semua penjelasan tentang ankle straps. Sekarang kamu tahu bahwa ankle straps adalah aksesoris yang efisien dan mudah digunakan untuk mencapai tubuh bagian bawah yang sempurna dengan cepat.

Latihan menggunakan ankle straps dapat menjadi hal baru sekaligus efisien yang bisa kamu lakukan untuk menargetkan otot bagian kaki, glutes dan inti. Plus, aksesoris ini bisa digunakan oleh pria dan wanita!

 

Referensi:

Dmoose, (2021). Why Ankle Straps are The Best Choice for Lower Body Perfection.

Womenfitnessmag, (2021). Why Athletes and Fitness Enthusiast Swear By Ankle Straps for a Firm Booty.

Sport illustration review, (2022). Stay Secure With the Best Ankle Wraps.

Joyfit, (2020). Get Better Results Using Ankle Straps With Cable Machine.