Blog

Image

Ab Wheel 101: Manfaat, Jenis dan Tips Memilih yang Tepat

May 27th, 2022

sfidnfits.com – Sekarang ini mendapatkan perut six pack menjadi hal yang mudah. Banyak alat olahraga tersedia untuk menunjang latihan secara efektif, meminimalkan stres, dan mendapatkan hasil maksimal, Alat ini disebut Ab Wheel, atau orang juga sering menyebutnya sebagai Ab Roller.

Ab Wheel menjadi alat yang harus kamu miliki jika ingin melatih semua otot inti karena penggunaannya membuatmu bekerja lebih keras daripada melakukan sit up tradisional.

Ditambah lagi, penggunaannya jauh lebih mudah sehingga leher dan punggung tetap merasa nyaman. Plus, Ab Wheel memberikan pengencangan tambahan untuk dada, lengan, dan punggung sehingga memberimu latihan tubuh bagian atas yang lengkap.

Karena alat ini sangat worth it sekali untuk dimiliki, maka kamu harus paham betul tentangnya. Ketahui lebih lanjut tentang Ab Wheel ini sini!

 

Ab Wheel 101: Manfaat, Jenis dan Tips Memilih yang Tepat


Apa itu Ab Wheel?


Ab Wheel adalah peralatan olahraga yang berbentuk roda dengan pegangan yang ada di kedua sisinya yang digunakan untuk membentuk otot perut, pinggang, kaki dan tangan. 

Bagian roda di tengah didesain untuk memungkinkanmu bergerak ke depan, ke belakang, atau ke samping dengan mudah, sambil tetap mempertahankan ketegangan sehingga kamu dapat melatih semua area perut saat dalam posisi berjongkok.

 

Otot yang ditargetkan dengan Ab Wheel

Manfaat utama dari Ab Wheel adalah menargetkan otot rektus abdominis atau yang sering disebut sebagai "otot six-pack". Otot ini bertanggung jawab untuk melenturkan tubuhmu, yang menarik tulang rusuk ke arah tulang belakang.

Rektus abdominis adalah otot perut yang paling terlihat dan terkenal, jadi ketika kamu melatihnya dengan Ab Wheel atau peralatan olahraga perut yang serupa, itu akan memberimu tampilan six-pack.

Selain itu, ada juga otot lain yang terlibat dalam melakukan latihan dengan Ab Wheel di samping rektus abdominis, yakni otot-otot punggung atas dan bahu dalam aktivitas latihan.

Itulah mengapa Ab Wheel sering dibandingkan dengan pull-up karena keduanya menargetkan otot perut, lat, dan bahkan bagian depan bahu jika dilakukan dengan benar.

 

Manfaat latihan menggunakan Ab Wheel

Latihan menggunakan Ab Wheel memberikan banyak manfaat, seperti:

1. Membangun kekuatan inti, meningkatkan keseimbangan, dan stabilitas

Latihan menggunakan Ab Wheel meningkatkan kekuatan inti karena kamu perlu menstabilkan tulang belakang agar dapat melakukan latihan dengan benar. Ini juga membantu dalam meningkatkan kemampuan tubuhmu untuk menyeimbangkan yang berguna saat melakukan olahraga.

2. Latihan menggunakan Ab Wheel lebih efektif daripada crunch atau sit up

Ab Wheel dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan 100 sit-up karena melibatkan otot intimu dari ujung kepala hingga ujung kaki dan membantumu membentuk six-pack yang bagus dengan cepat. Dapat disimpulkan bahwa latihan Ab Wheel menghasilkan lebih banyak aktivitas otot di perut dan obliques daripada sit up dan crunch tradisional.

3. Memperkuat sendi dan ligamen

Latihan menggunakan Ab Wheel juga memperkuat ligamen karena membantu meningkatkan integritas sendi dengan penggunaan teratur. Setelah otot diperkuat, kamu akan melihat peningkatan stabilitas sendi. Semakin stabil persendianmu, semakin kecil kemungkinan cederanya.

4. Meningkatkan aliran darah ke otak 

Saat melakukan roll out Ab Wheell untuk waktu yang lama, kamu harus menjaga kepala dan punggung tetap lurus. Ini membuat darah mengalir melalui area-area ini di tubuhmu yang memberi nutrisi pada sel-sel otak dengan darah yang kaya oksigen.

5. Membantu masalah postur tubuh

Ab Wheel sangat efektif bagi mereka yang menderita sakit leher, cedera bahu, atau kekakuan punggung. Ini juga membantu memperkuat otot-otot di punggung dan meningkatkan stabilitas di seluruh tubuhmu yang sangat penting untuk masalah ini.

6. Membakar lemak perut

Ab Wheel dapat memperkuat otot inti sehingga alat ini dapat melakukan tugasnya dengan lebih baik dalam membantumu menghilangkan lemak perut. Inilah sebabnya mengapa latihan Ab Wheel direkomendasikan oleh siapa saja yang ingin menghilangkan lemak perut.




Jenis Ab Wheel

Bagi kamu yang tertarik untuk membelinya, berikut adalah jenis desain dan model Ab Wheel yang ada di pasaran.  

1. Core ab roller


Model dengan dua roda ini dirancang dengan baik dan unik, sangat cocok untuk pengguna pemula dan lanjutan. Juga menjadi satu-satunya roller yang menggunakan roda karet, untuk stabilitas maksimum di permukaan apa pun.

Desain karet pada dua rodanya memungkinkanmu untuk menggunakannya di karpet, ubin, dan lainnya dengan lancar tanpa ada hambatan.

Desain roda ganda juga memberikan alas yang lebih lebar, mendistribusikan bobot lebih merata dan memberikan lapisan struktur tambahan.

 

2. Power wheel abs


Model Ab Wheel ini memiliki pegangan tangan serta pedal kaki, yang dapat meningkatkan jenis dan variasi latihan yang kamu lakukan. Yang mana, ini berarti kamu dapat lebih menantang diri sendiri dan menargetkan lebih banyak area utama untuk dilatih sehingga hasilnya bisa lebih cepat.

Selain itu, desain genggamannya berkontur agar pas di tanganmu dan pedal menjaga kakimu tetap di tempatnya agar tidak tergelincir sehingga kamu dapat menggunakannya dengan aman dengan cara apa pun.

Plus, roda memiliki tapak ban untuk gerakan yang lebih baik dan kemampuan untuk bekerja di berbagai permukaan. Untuk jenis model ini tidak ideal untuk pemula, tetapi pilihan yang bagus untuk pengguna berpengalaman.

 

3. Ab carver pro


Jenis model ini memiliki roda yang sangat lebar dan memiliki "mesin kinetik" yang dilengkapi pegas baja karbon, untuk memberimu keseimbangan sempurna antara ketahanan dan kehalusan saat menggelinding.

Selain itu, ada juga pegangan tangan yang ergonomis untuk membantumu menyeimbangkan dan menstabilkan, dan dikombinasikan dengan roda lebar sehingga ini memusatkan energi saat latihan crunch.

Jenis ini tidak memiliki bantalan pada genggaman, tetapi masih merupakan pilihan yang solid untuk pemula dan akan membiasakan mereka menggunakan roller.

 

Pertimbangan dalam memilih produk Ab Wheel

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Ab Wheel. Jangan tertipu oleh betapa miripnya mereka semua karena setiap merek berbeda dan karenanya akan memiliki hasil yang berbeda untumu. Berikut adalah beberapa pertimbangan saat membeli:

1. Lebar roda

Faktor pertama yang perlu kamu pertimbangkan adalah lebar roda. Lebarnya bervariasi dari diameter 3,1-4 inci, tergantung pada produk yang kamu pilih.

Roda yang lebih lebar mengurangi tekanan pada permukaan lantai sehingga menjaga bahan lantai tetap aman. Selain itu, dengan roda yang lebih lebar, resistensi akan meningkat dan kamu akan lebih stabil saat berolahraga dengannya.

2. Konstruksi roda rol

Pertimbangan selanjutnya adalah konstruksi roda. Pertama, pastikan rangka bagian dalam terbuat dari baja tahan karat agar tidak berkarat. Selain itu, periksa toleransi berat velg dan berapa berat maksimal untuk menahan tubuhmu.

3. Bahan roda

Roda biasanya terbuat dari karet berkualitas tinggi, menawarkan resistensi yang tinggi selama gerakan menggelinding.

Juga, jika kamu membeli produk yang memiliki bahan roda PVC, pastikan untuk memeriksa apakah produk tersebut memiliki sifat anti-slip atau tidak.

Pola anti-slip pada roda membantu mencegah cedera dengan meminimalkan kejadian selip yang tidak terduga selama penggunaan.

4. Panjang poros

Biasanya, poros cukup memanjang di kedua sisi roda sehingga kamu dapat memegang stang dengan mudah.

Jika poros memiliki panjang yang lebih kecil, akan menjadi sulit bagimu untuk menggulung Ab Wheel dan akan menyebabkan ketegangan pada otot lengan sehingga dapat menyebabkan keseleo.

Itu sebabnya kamu perlu memilih produk dengan poros yang lebih panjang sehingga saat memutar roda, kamu dapat meregangkan tangan tanpa banyak kesulitan.

5. Pegangan stang

Seiring dengan panjang poros, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis pegangan yang ada di setiap ujung stang. Pertama-tama pegangan harus pas dengan batang shaft agar tidak cepat lepas.

Kedua, pegangan harus memiliki bantalan untuk mengurangi tekanan balik pada telapak tangan. Terakhir, pastikan pegangan memiliki sifat anti-slip sehingga kamu tidak kehilangan kendali atas Ab Wheel jika bagian bawah telapak tangan lembab dan berkeringat.

6. Daya tahan

Kamu perlu memastikan bahwa produk yang kamu pilih sangat tahan lama dan dapat menangani sesi pelatihan yang intens. Permukaan roda harus dapat mentolerir keausan tanpa mengalami banyak kerusakan.

Selain itu, poros harus dibuat dari bahan yang menawarkan batas kekuatan tinggi. Ini akan membantu menjaga setang tetap utuh tanpa menyebabkan kerusakan pada batang poros.


Cara menggunakan Ab Wheel

Cara menggunakan Ab Wheel cukup mudah dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah dari video ini:

 

Sumber youtube: Body- Solid


Tips menggunakan Ab Wheel

Menggunakan Ab Wheel mungkin tampak lurus ke depan, tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai. Berikut adalah cara terbaik untuk menggunakan Ab Wheel dan seberapa sering kamu harus melakukannya:

· Bicaralah dengan dokter: Sebelum memulai rutinitas olahraga, kamu harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan itu aman untukmu. Meskipun Ab Wheel umumnya aman, setiap orang memiliki kondisi medis yang berbeda, jadi periksa kembali.

· Pemanasan: Latihan menggunakan Ab Wheel itu sangat intens karena kamu menggunakan beberapa bagian tubuh secara bersamaan. Oleh karena itu, kamu harus melakukan pemanasan sebelum mulai mengurangi risiko cedera atau otot tertarik.

· Tingkatkan secara bertahap: Mulailah dengan beberapa repetisi sehari dan tingkatkan secara bertahap sehingga tidak ada rasa sakit dan kamu tidak melukai diri sendiri. Tingkat kebugaranmu akan menentukan berapa lama dan sering kamu menggunakannya.  

Seberapa sering kamu menggunakannya itu tergantung tingkat kebugaranmu. Jika kamu adalah seorang pemula, lakukanlah 1-2 kali dalam seminggu sampai kamu mambangun ritme latihan yang baik. Sedangkan, jika kamu sudah berpengalaman, kamu bisa melakukan latihan sebanyak 4-5 kali dalam seminggu.

Itulah pembahasan lengkap tentang Ab wheel. Dapat disimpulkan bahwa latihan menggunakan Ab Wheel adalah cara cerdas untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan bagian tengah dan tubuh bagian atasmu. 

Ini memberikan latihan yang kuat yang secara efektif dapat melatih perutmu tanpa menyebabkan kerusakan atau cedera. Dan, kabar baiknya lagi alat ini portabel sehingga bisa digunakan di mana pun. Miliki Ab Wheel jika kamu ingin meningkatkan latihan kebugaranmu!

 

Referensi:

Dmoose, (2021). How Effective Is an Ab Wheel Roller? 9 Benefits of Doing Ab Rollouts.

Sport Illustration Review, (2022). Develop Your Core Using The Best Ab Roller.

Fitrated, (2019). Best Ab Roller A-Z Buying Guide: Get That 6-Pack You Always Dreamed Of.

Chiliguides. Guide To Buying An Ab Wheel.