Blog

Image

8 Makanan yang Bisa Bikin Anda Bahagia Setiap Hari

November 8th, 2021

sfidnfits.com – Stres bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali dengan Anda. Melakukan berbagai macam aktivitas yang sama setiap hari tentu membuat Anda cepat bosan. Terlebih, bila Anda juga mengalami situasi yang tidak mengenakan, seperti terjebak macet, pekerjaan yang menumpuk tiada henti, dan berbagai macam rencana yang gagal. Semua itu pasti membuat hari Anda menjadi tidak semangat.

Terus merasakan aktivitas monoton dapat meningkatkan stres, yang kemudian akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental. Meditasi dan tertawa mungkin dapat menjadi obat dari stres Anda, tapi ada cara yang lebih mudah untuk membuat Anda jauh lebih bahagia, yaitu makanan. Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar bahagia yang bisa Anda makan untuk memperbaiki situasi yang ada. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!


8 Makanan yang Bisa Bikin Anda Bahagia Setiap Hari


1. Kopi


Mengkonsumsi kopi dan menikmatinya di pagi hari dapat menimbulkan ketenangan, kebahagiaan, kepuasan dan sikap baik. Bahkan, studi yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, menemukan bahwa wanita yang minum 2-3 cangkir kopi sehari memiliki persentase 15% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi selama rentang 10 tahun, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi satu cangkir atau tidak sama sekali. Meski begitu, bukan seberapa banyak kopi yang Anda konsumsi, tapi bagaimana Anda menikmati satu cangkir kopi.

 

2. Cokelat hitam


Mengkonsumsi cokelat sering dikaitkan dengan kebahagiaan, dan itu benar adanya. Antioksidan dalam cokelat hitam dapat memicu dinding pembuluh darah Anda untuk rileks, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Bahkan, konsumsi sekitar satu setengah ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu mengurangi kadar hormon stres pada orang yang menilai dirinya sangat stres. Cokelat hitam juga mengandung magnesium, mineral yang telah terbukti membantu meringankan gejala PMS, termasuk kelelahan, depresi, dan mudah marah. Kabar baiknya, zat alami dari cokelat hitam memicu rasa euforia yang mirip dengan perasaan jatuh cinta.

 

3. Salmon


Salmon dikemas dengan asam lemak omega 3, yang terbukti meningkatkan perasaan yang jauh lebih baik. Lemak ini dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Bahkan, omega 3 dalam ikan salmon memainkan bagian penting dari produksi sel tubuh dan membuat rambut dan kulit Anda menjadi berkilau. Selain salmon, makanan yang mengandung lemak omega 3 adalah minyak canola, biji chia, biji rami, tahu, dan kenari.

 

4. Jamur


Jamur merupakan satu-satunya sumber tanaman vitamin D alami karena biasanya Anda mendapatkan vitamin D secara cukup dari sinar matahari. Vitamin D ini dapat meningkatkan perasaan menjadi lebih baik dan memiliki kualitas anti depresan.  

Peran utama vitamin D adalah mengubah dan mengatur konversi triptofan menjadi serotonin. Tujuannya untuk mempertahankan jumlah serotonin yang tepat, yang dapat menangkal depresi dan kecemasan. Terlalu banyak atau terlalu sedikit serotonin dapat memiliki efek buruk.

 

5. Blueberry


Blueberry adalah buah yang mengandung lebih banyak flavonoid yang dapat membuat Anda merasa bahagia. Flavonoid memiliki efek yang menguntungkan pada proses kognitif otak, yang disebut fungsi eksekutif. Ketika bagian otak Anda ini tidak bekerja dengan baik, Anda mengalami suasana hati yang rendah dan tertekan. Itulah mengapa akhirnya Anda merasa stres saat bekerja.

 



6. Apel


Apel mengandung quercetin yang mampu memblokir enzim monoamine oxidase (MAO) dan memecah neurotransmiter yang membuat Anda bahagia. Banyak orang yang menderita depresi memiliki tingkat enzim MAO yang tinggi.

Peradangan berperan dalam proses ini, tetapi makan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, nutrisi anti-inflamasi, dan penghambat enzim MAO, seperti quercetin dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda. Selain apel, makanan yang mengandung quercetin juga dapat ditemukan pada kangkung, berry, anggur, bawang merah, tomat dan teh hijau.

 

7. Telur


Telur juga termasuk makanan yang dapat meningkatkan kebahagiaan. Telur mengandung kolin, yang mana kandungan ini dapat membantu mengatur suasana hati dan gerakan otot yang dikaitkan dengan memori verbal dan visual. Makanan lain yang mengandung kolin adalah brokoli, kembang kol, dada ayam, susu sapi, kacang hijau, makarel, kacang navy, daging babi, salmon, udang, dan tuna.

 

8. Makanan yang mengandung vitamin C


Makan makanan yang mengandung vitamin C adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan antioksidan. Sistem kekebalan tubuh dan otak Anda saling berhubungan yang kemudian dapat mengontrol efek stres dalam diri Anda. Orang yang tidak sehat secara fisik sering menyebut kondisi mereka depresi. Konsumsi vitamin C mengikat radikal bebas, yang memungkinkan tubuh untuk lebih mudah menghilangkannya perasaan tersebut. Vitamin C dapat ditemukan dalam brokoli, jeruk, kangkung, stroberi, mangga, dan kiwi.

Jangan biarkan tubuh Anda terlalu sering merasa stres karena jika tidak diatasi dengan baik itu dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Jika hari yang Anda lalui berat dan terasa stres, konsumsi delapan makanan di atas bisa menjadi obat untuk membuat Anda merasa jauh lebih baik.

 

Referensi:

Hy-vee, (2020). 11 Foods That Make You Happy.

Usatoday, (2017). These foods will boost your mood and make you happy.

Pritikin. These 7 Superfoods can Actually Make You Feel Happy.

Health, (2020). 6 Foods That Can Make You Happier.