Blog

Image

8 Bahan Alami yang Efektif Atasi Otot Tegang dan Nyeri

June 21st, 2022

sfidnfits.com – Berbagai macam aktivitas yang kita lakukan, baik itu bekerja, berolahraga atau melakukan perjalanan, seringkali membuat otot menjadi tegang dan nyeri.

Kadangkala hal seperti ini adalah biasa dan wajar terjadi. Beberapa orang memilih untuk istirahat, mengonsumsi obat nyeri dan bahkan melakukan pijat untuk mengatasi rasa sakit tersebut.

Namun, tahukah kamu bahwa ada bahan alami yang efektif untuk mengatasi otot yang tegang dan membuatnya rileks kembali. Apa saja? Yuk, cek daftar lengkap penjelasannya di bawah ini!


8 Bahan Alami yang Efektif Atasi Otot Tegang dan Nyeri


1. Jus ceri asam


Jus ceri dapat membantu memerangi peradangan dan nyeri otot yang umum terjadi pada pelari.

Studi mengungkapkan bahwa minum jus ceri asam mengurangi rasa sakit dan kerusakan otot akibat olahraga. Kualitas antioksidan dan anti-inflamasi dalam buah membantu mengendurkan otot secara alami.

 

2. Protein

Asupan protein yang cukup dapat membantu mengurangi peradangan otot. Sebuah penelitian yang melihat kerusakan otot akibat olahraga pada wanita menemukan bahwa suplementasi dengan whey dan kasein, yakni dua jenis protein dapat mengurangi kerusakan otot.

Studi kecil lainnya melihat pada 16 pelari maraton pemula. Pelari yang menerima kombinasi protein dan karbohidrat selama perlombaan merasakan nyeri otot lebih sedikit 72 jam setelah maraton dibandingkan mereka yang hanya mengonsumsi karbohidrat.

 

3. Chamomile

Chamomile merupakan ramuan kuno yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk kejang otot. Bahan alam ini mengandung 36 flavonoid, yang merupakan senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Kamu dapat menggunakan chamomile dalam bentuk minyak esensial dan oleskan pada bagian otot yang tegang, kemudian kamu juga bisa memijatnya.

Selain itu, chamomile dalam bentuk teh juga bisa dikonsumsi untuk membantu mengendurkan otot yang sakit.

 

4. Capsaicin


Capsaicin adalah zat yang ditemukan dalam cabai rawit, dan ini merupakan pelemas otot alami yang sering direkomendasikan untuk orang yang hidup dengan fibromyalgia dan rheumatoid arthritis.

Untuk capsaicin dalam cabai rawit, kamu bisa mengonsumsinya dalam hidangan makanan. Sedangkankan, capsaicin dalam bentuk krim bisa langsung kamu oleskan pada area otot yang tegang

 



5. Minyak arnica

Minyak arnica adalah obat ampuh untuk berbagai peradangan dan cedera terkait olahraga. Bahan alami ini dapat digunakan ke kulit dalam bentuk minyak, krim, salep, obat gosok atau salep.

Efek positif dari penggunaan arnica secara topikal telah terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit, indikator peradangan dan kerusakan otot.

Kandungan thymol yang ditemukan di arnica telah ditemukan sebagai vasodilator efektif kapiler darah subkutan, yang membantu memfasilitasi pengangkutan darah dan akumulasi cairan lainnya dan bertindak sebagai anti-inflamasi untuk membantu proses penyembuhan normal.

Minyak arnica juga merangsang aliran sel darah putih, yang memproses darah yang tersumbat untuk membantu menghilangkan cairan yang terperangkap dari otot, sendi, dan jaringan yang memar.

 

6. Kunyit

Zat aktif dalam kunyit disebut kurkumin. Salah satu aspek yang paling kuat adalah kemampuannya untuk mengontrol peradangan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurkumin adalah salah satu senyawa anti-inflamasi yang paling efektif di dunia. Kunyit bubuk dapat ditambahkan ke makanan sehari-harimu.

Selain sifat anti inflamasi, kunyit memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya. Bahan alami lain yang mengandung kurkumin adalah jahe dan kayu manis.

 

7. Minyak esensial


Banyak minyak esensial adalah pereda nyeri dan pelemas otot yang efektif. Salah satu yang paling populer untuk mengatasi masalah pada otot yang sakit adalah minyak peppermint. Ini sangat efektif untuk menenangkan otot yang sakit dan menghilangkan sakit kepala karena tegang.

Cukup encerkan minyak esensial peppermint dalam minyak pembawa, seperti jojoba atau kelapa, atau bisa juga menuangkannya pada lotion tanpa pewangi dan oleskan ke area yang bermasalah.

Minyak lain yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit adalah minyak serai, yang dapat meningkatkan sirkulasi dan meredakan kejang otot, juga mengurangi ketegangan dan peradangan.

 

8. Garam epsom

Mandi di air hangat dengan garam epsom adalah cara alami lain yang sangat baik untuk meredakan nyeri dan otot yang tegang.

Bahan alam ini telah lama digunakan sebagai obat alami untuk nyeri tulang dan sendi, dan bahkan garam epsom juga dapat memberi banyak manfaat kesehatan lainnya, selain hanya melemaskan otot yang sakit.

Garam epsom kaya akan magnesium, ketika digunakan untuk berendam dan mandi ini dapat membantu mengurangi stres, menghilangkan racun, dan meredakan sembelit.

Itulah tadi sederet bahan alami yang mampu meredakan otot yang tegang. Namun, bila nyeri otot sering datang tiba-tiba, berlangsung lama dan terasa menyakitkan atau bahkan membatasi ruang gerakmu, maka temuilah dokter untuk penanganan selanjutnya.  

 

Referensi:

Healthline, (2019). The 7 Best Natural Muscle Relaxers.

Medicalnewstoday, (2018). 12 natural muscle relaxers.

Draxe, (2018). The 8 Best Natural Muscle Relaxers.

Drsanderschiropractic, (2019). Natural Muscle Relaxers for Natural Pain Relief.