Blog

Image

7 Gerakan Meningkatkan Kekuatan Pergelangan Tangan

March 5th, 2021

sfidnfits.com - Meregangkan dan melatih otot di sekitar pergelangan tangan akan membuat bagian tubuh tersebut  tetap lentur dan kuat. Tak hanya itu, meningkatkan kekuatan pergelangan tangan juga dapat membantu Anda menghindari cedera lengan. 

Jika Anda pernah mengalami cedera lengan, berikut beberapa latihan dan gerakan untuk meningkatkan kekuatan pergelangan tangan. 


7 Gerakan Meningkatkan Kekuatan Pergelangan Tangan


1. Range of motion


Sumber: Physiotutors


Range of motion adalah gerakan peregangan untuk relaksasi saat Anda melakukan gerakan berulang dengan tangan. Untuk melakukan gerakan ini, kepalkan tangan kemudian tekuk pergelangan tangan. Pastikan gerakan tetap halus dan dilakukan terus menerus. Lakukan gerakan dengan 10 kali repetisi.


2. Prayer stretch


Sumber: Coury & Buehler PT


Berdirilah dengan siku ditekuk dan telapak tangan rapat. Pastikan ujung jari mengarah ke atas tepat di bawah dagu. Turunkan tangan ke arah pinggang, jaga agar kedua tangan tetap menempel dan dekat dengan perut. Saat Anda merasakan regangan sedang di bagian bawah lengan, tahan gerakan selama 30 detik. Ulangi 2 hingga 4 kali. 


3. Loosen-up stretch


Sumber: Fitness with Cindy


Loosen-up stretch adalah peregangan sederhana untuk mengendurkan jari dan tangan sebelum mulai berolahraga. Gerakan ini juga dapat dilakukan untuk mengendurkan pergelangan tangan. Untuk melakukan gerakan ini, berdirilah dengan nyaman dan tekuk lengan Anda di siku. Kepalkan tangan, lalu buka perlahan dan rentangkan jari-jari Anda. Ulangi hingga 4 kali. 


4. Ball squeeze strengthener


Sumber: AskDoctorJo


Salah satu gerakan meningkatkan kekuatan pergelangan tangan adalah ball squeeze strengthener. Anda dapat melakukan latihan ini dengan bola apa saja, pastikan ukuran bola tersebut dapat digenggam. Untuk melakukan gerakan ini, Anda bisa duduk dengan nyaman dan pegang bola Anda. genggam sekuat yang Anda bisa dan tahan hingga lima detik. 


5. Wrist curls


 

Sumber: Jim Stoppani, PhD


Wrist curls ini dapat dilakukan dengan bantuan dumbbel sekitar 1-2 kg. Anda dapat melakukannya untuk dua lengan sekaligus atau bergantian antarlengan. Gerakan ini dapat dilakukan dengan duduk dengan lengan di atas lutut. Pegang dumbbell dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan pergelangan tangan menggantung di atas lutut. Gerakkan tangan ke atas dan ke bawah Lakukan 10 set dan ulangi. 


6. Resistance band exercise


Sumber: Meglio TV


Resistance band adalah alat olahraga yang dapat dilakukan dalam beberapa jenis olahraga, seperti yoga. Resistance band juga dapat digunakan dalam terapi otot. Untuk meningkatkan kekuatan pergelangan tangan dengan resistance band, Anda bisa duduk dengan nyaman, sandarkan lengan di atas meja dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan tangan menggantung di tepi meja. Letakkan salah satu ujung resistance band di bawah kaki untuk menahannya dan pegang ujung lainnya di tangan Anda. Ulangi hingga 10 kali. 


7. Grip strengthening


Sumber: BuiltLean


Anda bisa melakukan gerakan grip strengthening dengan bantuan alat olahraga hand grip. Alat olahraga ini dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan pergelangan tangan. Tak hanya itu, tingkat kekuatan hand grip pun bisa Anda sesuaikan berdasarkan kekuatan lengan. 

Itulah tujuh gerakan meningkatkan kekuatan pergelangan tangan. Selain melakukan beberapa gerakan tersebut, Anda juga bisa mengonsumsi makanan sehat. 


Related Products You Must Have