Blog

Image

6 Manfaat Ankle Weight dan Cara Menggunakannya untuk Latihan

September 23rd, 2021

sfidnfits.com – Menambahkan beban ke latihan Anda adalah cara yang bagus saat Anda ingin meningkatkan latihan. Dumbbell mungkin adalah pilihan yang terlintas di pikiran Anda, tapi apakah Anda tidak berniat untuk memasukan ankle weight ke dalam latihan Anda?

Ankle weight adalah salah satu alat yang paling penting dalam menciptakan kaki yang kencang, ramping dan bokong yang terangkat. Sebagian besar ankle weight dirancang sebagai beban berat berukuran kecil yang dipakai di sekitar pergelangan kaki Anda dengan tali velcro. Bahkan, ankle weight juga bisa dipakai di pergelangan tangan. Bobot ankle weight berkisar antara 1-3 pon (kira-kira 0,5-1,5 kg).

Secara keseluruhan, ankle weight menawarkan banyak manfaat untuk kebugaran dan dapat digunakan dengan aman. Anda bisa mengetahui manfaat beserta penjelasan lengkapnya dari ulasan di bawah ini.


6 Manfaat Ankle Weight dan Cara Menggunakannya untuk Latihan


1. Daya tahan tubuh menjadi lebih baik


Ankle weight yang digunakan dengan benar dapat membantu membangun daya tahan tubuh Anda secara keseluruhan. Hal ini terjadi karena kekuatan ekstra yang diberikan dari ankle weight membantu meningkatkan stamina Anda, yang pada gilirannya membantu kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Detak jantung Anda selama latihan akan meningkat dan membantu sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.


2. Membangun otot dan ketahanan


Latihan beban adalah salah satu cara terbaik untuk membentuk otot dan membuat bokong padat dan terangkat sehingga penampilan Anda menjadi lebih ideal. Ankle weight dinilai dapat membantu Anda membentuk otot dengan resistensi tambahan yang diberikannya. Ankle weight telah terbukti membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak dan mengurangi persentase lemak tubuh. Dengan melakukan gerakan pada repetisi yang lebih tinggi, Anda juga akan meningkatkan daya tahan otot Anda.


3. Membuat kaki menjadi lebih ramping


Sumber gambar : today.com

Angkat kaki, kickbacks, fire hydrants adalah gerakan tubuh bagian bawah yang dapat dilakukan dengan menggunakan ankle weight. Resistensi ekstra mengharuskan Anda untuk mengangkat lebih banyak beban di setiap gerakan, memperkuat paha depan, paha belakang, betis, dan glutes Anda. Plus, lebih banyak resistensi dalam latihan dapat membuat otot perut Anda juga ikut terbentuk. Semuanya didapatkan dengan menambahkan ankle weight ke dalam latihan Anda.


4. Kalori yang terbakar lebih banyak


Sumber gambar : uncommongoods.com

Ankle weight juga dapat membantu Anda membakar beberapa ratus kalori. Ini terjadi karena menerapkan lebih banyak kekuatan menghasilkan lebih banyak pengeluaran energi, yang kemudian mengakibatkan tubuh Anda membakar lebih banyak kalori. Ankle weight adalah cara yang bagus untuk menambah beban progresif.


5. Membantu latihan di dalam air


Meski jarang sekali dilakukan, tapi sudah banyak atlet menggunakan ankle weight saat berenang. Keuntungan besar menggunakan alat ini saat berenang karena tidak menyebabkan masalah sendi yang kemudian menyebabkan kram. Selain itu, menggunakan ankle weight sebenarnya bisa memperkuat sendi lutut dan pergelangan kaki saat sedang berlatih di dalam air.


6. Jalan dan berlari menjadi lebih mudah


Memasukan ankle weight ke dalam latihan ada dapat membuat kaki menjadi lebih kuat, inti yang stabil, dan peningkatan daya tahan. Anda juga mendapatkan kemampuan untuk berjalan dan berlari dengan mudah. Segera setelah Anda melepaskan ankle weight, kaki Anda akan terasa lebih ringan. Ketika Anda berjalan dan berlari itu semakin mudah dilakukan seakan terasa seperti angin sepoi-sepoi. Semua kerja keras latihan yang Anda lakukan itu terbayar.


Kekurangan ankle weight


Sumber gambar : purewow.com

Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari ankle weight ini, penting untuk Anda ketahui juga kekurangan dari alat ini. Ankle weight adalah alat, dan penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serius. Oleh karena itu, disarankan untuk secukupnya saja saat menggunakan alat ini. Ankle weight dapat dengan mudah menyebabkan stres sendi (berlawanan dengan pembentukan otot) jika Anda menggunakannya sepanjang waktu. Ingatlah bahwa otot, tendon, dan persendian Anda perlu istirahat sesekali agar terhindar dari cedera.

Menambah beban berat secara konsisten dapat membebani sendi. Metode untuk melatih hal ini adalah dengan meningkatkan repetisi, atau kecepatan Anda dan mengesampingkan beban. Ketika berbicara tentang latihan aerobik dan kardiovaskular, ankle weight juga cenderung kurang efektif daripada menaiki tangga atau berjalan menanjak. 

Bagi Anda yang ingin menambahkan variasi, atau metode untuk meningkatkan intensitas dalam rutinitas latihan yang monoton, ankle weight memberikan solusi yang cepat dan mudah karena alat ini dapat digunakan diberbagai macam latihan. Ankle weight memberikan banyak manfaat, asalkan Anda tahu cara menggunakannya dengan benar, dan Anda melakukannya dalam jumlah sedang.




Cara menggunakan ankle weight untuk latihan

Jika Anda berniat ingin memasukan ankle weight ke dalam latihan Anda dan tidak tahu cara menggunakannya, maka Anda bisa menggunakan alat ini dengan berbagai macam gerakan latihan berikut:

1. Knee to elbow


Sumber video : byrdie.com

Cara melakukannya:

· Berdiri dengan kaki selebar pinggul.

· Pindahkan berat badan Anda ke kaki kiri, dan angkat lengan kiri Anda di atas kepala Anda.

· Dorong lutut kanan ke atas menuju sisi kiri tubuh, dan pada saat yang sama, turunkan siku hingga bertemu lutut.

· Ulangi pada kaki yang lain.

· Tarik siku Anda melewati paha untuk mendapatkan manfaat penuh dari gerakan ini.


2. Scissors


Sumber video : byrdie.com

Cara melakukannya:

· Berbaring telentang dengan tangan di kedua sisi.

· Angkat kaki Anda ke sudut 45 derajat, angkat kepala dan tulang belikat Anda dari tanah.

· Jaga agar kaki Anda tetap lurus, silangkan satu sama lain, silangkan di paha bagian dalam dan ikat perut bagian bawah setiap kali.

· Jaga agar lengan Anda tetap panjang dan kuat.


3. Squat and lateral


Sumber video : byrdie.com

Cara melakukannya:

· Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari lebar pinggul.

· Pindahkan berat badan Anda kembali ke posisi squat. Pastikan Anda dapat melihat jari-jari kaki Anda di bagian bawah saat squat.

· Saat Anda berdiri, tekan melalui kaki pendukung Anda dan angkat kaki yang berlawanan, jaga agar tetap lurus dan tertekuk, menembakkan energi dari tumit Anda.

· Letakkan kaki ke bawah, dan tekuk kembali ke posisi squat.

· Bergantianlah antara kaki kiri dan kanan.


4. Hinge left


Sumber video : pvolve.com

Cara melakukannya:

· Mulai dalam posisi berdiri dengan tubuh condong ke depan.

· Angkat kaki ke atas dan turunkan perlahan sambil menjaga kaki yang berdiri sedikit ditekuk dengan lutut sejajar dengan tumit.

· Ulangi 8 kali di kedua sisi.


5. Around the clock


Sumber video : pvolve.com

Cara melakukannya:

· Posisikan jari kaki searah jam 12 dan angkat kaki ke sudut 90 derajat sehingga sejajar dengan pinggul.

· Buka kaki searah dengan jam 1, remas perut dan paha, lalu ketuk kembali ke posisi awal.

· Ulangi 8 kali di kedua sisi.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan ankle weight. Namun, ada juga kekurangannya. Ingat, gunakan ankle weight secukupnya saja dan jangan berlebihan agar Anda bisa mendapatkan semua manfaatnya. Ikuti semua gerakan latihan di atas agar variasi gerakan Anda selama latihan tidak membosankan.

Nah, jika Anda berniat untuk memiliki alat ini, SFIDN FITS menyediakan produknya. Ankle weight dari SFIDN FITS memiliki kualitas yang baik, tahan lama dan tahan terhadap air. Anda bisa membelinya langsung dari website SFIDN FITS, atau melalui marketplace favorit Anda.

 

Referensi:

Healthline, (2021). Ankle Weights: Benefits and How to Get the Most Out of Them.

Birdie, (2021). Thinking of Adding Ankle Weights to Your Routine? Read This First.

Pvolve. THE BENEFITS OF ANKLE WEIGHTS & HOW TO USE THEM.

Yourhousefitness. The Pros and Cons of Ankle Weights.

Toneitup, (2020). 5 BENEFITS OF EXERCISING WITH ANKLE WEIGHTS.

Picture image original by food52.com