Blog

Image

6 Jenis Jaket Olahraga Pria yang Harus Diketahui

July 27th, 2021

sfidnfits.com - Ketika memutuskan untuk berolahraga, memperhatikan kondisi fisik saja tidaklah cukup. Anda juga perlu memperhatikan penampilan, seperti pakaian saat akan berolahraga. Jaket adalah pakaian yang penting untuk Anda siapkan dari segi kenyamanan, kualitas dan bahan yang bisa menyerap keringat saat Anda melakukan aktivitas fisik.

Untuk mengetahui pembahasan tentang jaket olahraga, Anda bisa menyimak artikel ini sampai tuntas.


6 Jenis Jaket Olahraga Pria yang Harus Diketahui


Mengenal jaket olahraga


Jaket adalah pakaian luar yang panjangnya hingga pinggang,  yang juga dilengkapi dengan resleting atau kancing untuk membuka dan menutup bagian-bagian jaket. Fungsi utama dari jaket sendiri ialah untuk melindungi badan dari angin dan cuaca dingin, selain itu juga jaket bisa digunakan untuk keperluan fashion.

Sedangkan, jaket olahraga adalah pakaian luar yang digunakan untuk melakukan aktivitas fisik yang lebih intens. Menggunakan jaket olahraga dapat membuat olahraga yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal dan tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat.

Manfaat memakai jaket olahraga


Jaket olahraga yang Anda pilih mempengaruhi kinerja Anda di lapangan, atau di gym. Oleh karena itu, Anda harus tepat memilihnya dan menggunakan jaket olahraga sesuai dengan jenis olahraga yang Anda lakukan. Memakai jaket olahraga saat Anda latihan memiliki banyak manfaat, seperti manfaat berikut ini.

1. Meningkatkan kepercayaan diri

Memilih jaket olahraga yang tepat dan sesuai dengan yang Anda inginkan dapat membuat tampilan Anda menjadi lebih baik. Itulah mengapa, pakaian sangat berpengaruh untuk kesehatan mental. Ketika kepercayaan diri Anda meningkat setelah mengenakan jaket yang tepat saat berolahraga, maka aktivitas fisik yang Anda lakukan pun akan membuat Anda bersemangat sehingga hasil yang didapat akan lebih maksimal.

2. Meningkatkan performa olahraga Anda

Ada jenis pakaian tertentu yang memiliki fitur aerodinamis yang pada akhirnya melipatgandakan kemampuan performa Anda, termasuk jaket. Oleh karena itu, Anda perlu mengenakan jaket yang berorientasi pada kinerja dan dibuat dengan kain yang dimodifikasi secara artifisial. Selain itu, perhatikan kualitas seperti kemampuan kompresi, kemampuan bernapas, dan fleksibilitas kain.

3. Meningkatkan detak jantung dan memperlancar sirkulasi darah

Ketika Anda memakai jaket saat berolahraga, maka aktivitas olahraga yang Anda lakukan akan menghasilkan keringat yang lebih banyak. Selanjutnya, kain jaket bertindak sebagai isolasi untuk tubuh Anda yang menyebabkan detak jantung Anda meningkat dan darah bersirkulasi lebih cepat dalam upaya untuk mendinginkan suhu tubuh Anda. Namun, hanya karena tubuh Anda lebih hangat dan lebih banyak berkeringat sebagai hasilnya, itu tidak berarti Anda membakar kalori secara ekstra, melainkan semakin banyak Anda berkeringat, semakin banyak tubuh Anda mengalami kehilangan air.

4. Perlindungan terhadap cedera

Cedera dan kecelakaan bisa terjadi saat Anda berolahraga. Namun, jika Anda mengenakan jaket yang sesuai, Anda dapat mengurangi risiko kecelakaan tersebut. Jaket olahraga pria yang tepat tidak akan mengganggu latihan Anda dan membantu mencegah risiko cedera.

5. Bisa dipakai untuk semua musim

Jaket olahraga tidak hanya dipakai saat musim panas saja guna mengeluarkan keringat lebih banyak, tapi juga bisa digunakan pada musim dingin untuk berolahraga. Jaket sangat serba guna, bahkan bisa awet lama saat Anda memilikinya.



 

Jenis jaket olahraga

Jaket olahraga memiliki berbagai macam jenis dan tentu saja setiap jenisnya digunakan untuk latihan yang berbeda. Anda bisa mengetahuinya berikut ini.

1. Running jacket


Sumber gambar jaket : menshealth.com

Running jacket, atau jaket lari biasanya terbuat dari bahan nilon dan dirancang memiliki ventilasi. Ventilasi membantu menjaga aliran udara di sekitar tubuh bagian atas yang berguna untuk menjaga kulit agar tidak lembab karena keringat.

Jaket ini juga seringkali kedap air sehingga pelari dapat memakainya bahkan dalam cuaca lembab atau basah. Selain itu, jaket lari terkadang memiliki tudung, atau tudung yang dapat dilepas untuk tujuan yang sama. Jaket lari cukup ringan sehingga bisa diikatkan di pinggang jika pelari merasa gerah saat berolahraga.

 

2. Track jacket


Sumber gambar jaket : betterbodies.com

Track jacket biasanya merupakan jaket yang pas dikenakan bersama dengan track pants. Jaket olahraga jenis ini sering dibuat dari jenis katun yang telah dicampur dengan serat elastis.

Bahannya memungkinkan keringat untuk keluar dari tubuh. Fitur umum dari jaket track adalah resleting untuk penutupan dan garis-garis yang membentang di sisi yang sering dilanjutkan dengan celana track yang serasi.

 

3. Bicycle jacket

Sumber gambar jaket : altitude.ie

Bicycle jacket, atau Jaket sepeda sangat mirip dengan jaket lari. Kedua jenis jaket olahraga ini sering dibuat dari bahan nilon dan memiliki tudung yang bisa dipakai di cuaca basah. Perbedaannya adalah bahwa jaket bersepeda seringkali lebih pas daripada jaket lari sehingga mengurangi hambatan angin.

 

4. Hiking jacket

Sumber gambar jaket : .jack-wolfskin.com

Hiking jacket seringkali terbuat dari bulu domba untuk membuat pejalan kaki tetap hangat bahkan saat mendaki dalam cuaca dingin atau di daerah dataran tinggi yang dingin. Untuk hiking di cuaca basah, jenis jaket olahraga ini terkadang dirancang dengan interior bulu domba untuk kehangatan dan eksterior nilon untuk menjaga pejalan kaki tetap kering.

Fitur umum dari jaket hiking ini memiliki banyak kantong. Ini berguna agar peta, snack, bahkan kamera kecil bisa dibawa tanpa perlu tas ransel.

 

5. Training jacket

Sumber gambar jaket : shop-ping365.xyz

Training jacket menjadi contoh model jaket olahraga paling banyak digunakan dari dulu sampai sekarang. Jenis jaket training sendiri masih terbagi lagi dalam beberapa jenis. Misalnya saja yang sering digunakan adalah dari bahan polyester. Karakteristik polyester ini diantaranya adalah tidak bisa menyerap keringat sehingga mampu membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat. Keunggulannya adalah selain mampu mengeluarkan keringat lebih banyak, tetapi juga tidak mudah melar walaupun dicuci berulang kali.

 

6. Workout Jacket


Sumber gambar jaket : aliexpress.com

Melakukan olahraga tentu tidak hanya dilakukan di dalam ruangan saja, di luar ruangan pun bisa dilakukan. Ketika Anda melakukan olahraga, entah di dalam maupun di luar ruangan menggunakan workout jacket ini sangat cocok Anda pakai karena bahannya lembut dan mampu menyerap keringat.

Selain itu, jaket ini dilengkapi dengan bagian-bagian lainnya seperti cuff yang ada pada ibu jari jaket. Dengan begitu, jaket pun terasa nyaman dan tidak mengganggu ketika digunakan, bahkan untuk kegiatan olahraga yang memerlukan banyak gerak.


Rekomendasi jaket olahraga pria yang harus Anda miliki

Memilih jaket olahraga yang pas dan berkualitas perlu kamu lakukan. Namun, tidak sedikit orang yang bingung memilihnya karena tidak tahu tentang jenis jaket, bahan dan kualitasnya. Ada beberapa rekomendasi jaket olahraga yang harus Anda miliki dan simak ulasannya di bawah ini.

1. Adicolor Classics Firebird Track Jacket


Sumber gambar jaket : sneakerstudio.com

Track jacket dari adidas ini bisa menjadi pilihanmu. Desainnya yang klasik membuat jaket ini terlihat lebih sporty. Jaket ini memiliki kantong pada kedua sisinya dan juga resleting pada bagian tengah. Produk ini dibuat dengan Prime Blue, bahan daur ulang berkinerja tinggi yang dibuat sebagian dengan Parley Ocean Plastic.

 

2. Fits Trainflex Jacket


Rekomendasi jaket olahraga selanjutnya adalah Fits Trainflex Jacket. Jaket ini merupakan jenis training jacket dan dilengkapi dengan teknologi Dry Fit yang dapat membantu menjaga Anda tetap kering dan nyaman saat berolahraga. Bukan hanya itu saja, teknologi anti-bau pada jaket ini mencegah pertumbuhan mikroba penyebab bau.

Kantong samping dan sisi ritsleting jaket menawarkan penyimpanan cepat dan aman saat bepergian. Zip penuh memungkinkan Anda menyesuaikan suhu Anda saat berolahraga.

 

3. Fits Threadcool Survival Pullover Jacket


Fits Threadcool Survival Pullover Jacket adalah produk jaket olahraga yang digunakan untuk lari. Jaket ini dibuat dengan teknologi anti-bau sehingga mencegah pertumbuhan mikroba penyebab bau badan. Fits Threadcool Survival Pullover Jacket bukan hanya nyaman digunakan untuk olahraga lari saja, tapi juga olahraga basket, sepak bola, baseball, tenis dan juga golf.

 

4. Threadcool Ultima Windbreaker Parachute Jacket


Jika Anda sedang mencari jaket parasut, maka Fits Threadcool Ultima Windbreaker Parachute Jacket menjadi rekomendasinya. Selain bisa digunakan untuk olahraga, jaket ini juga bisa digunakan untuk sport style. Terbuat dari bahan polyster yang membuat jaket ini terasa lembut di kulit, mudah kering dan tidak menimbulkan bau saat Anda berkeringat. Fits Threadcool Ultima Windbreaker Parachute Jacket cocok digunakan semua jenis olahraga, entah itu di luar ruangan maupun di dalam ruangan dengan olahraga.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai manfaat, jenis dan rekomendasi jaket olahraga pria yang sudah Anda baca. Banyak jenis jaket olahraga untuk berbagai jenis olahraga yang dilakukan dan Anda bisa memilihnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat!


Referensi :

Wikipedia, (2021). Jaket.

Alanic, (2019). Why Is It Important To Wear The Right Athletic Clothing ?

Sporto, (2019). The Benefits Of Wearing The Right Workout Wear.

Anytimefitness, (2020). Should I Keep My Sweatshirt On While Exercising? Layering Up While Working Out, Explained.

Wise-Geek. What Are The Different Types Of Activewear Jackets?

Tshirtbar, (2020). 5 Contoh Model Jaket Olahraga.