Blog

Image

6 Hal yang Harus dilakukan Saat Melakukan Traveling Dadakan

February 24th, 2020

sfidnfits.com - Melakukan kegiatan traveling secara dadakan kadang kala bisa membuat pengalaman baru di kala padatnya aktivitas harian. Bahkan, traveling dadakan terkadang bisa jadi lebih berkesan dan lebih menyenangkan daripada liburan yang penuh rencana. Tapi, Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan traveling dadakan. Ini dia 6 hal yang harus Anda lakukan:

 

1. Sesuaikan dengan Budget


Saat dilakukan secara dadakan, makan tentunya budget pun akan terbatas. Untuk itu, Sesuaikanlah destinasi traveling Anda dengan budget saat ini. Jika cukup terbatas, Anda bisa melakukan traveling ke beberapa destinasi sekitar daerah Anda tinggal. Kegiatan traveling tidak harus jauh-jauh, kok.

 

2. Sesuaikan Barang Bawaan Anda


Meskipun dilakukan tanpa perencanaan, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikan beberapa peralatan yang penting juga. Anda hanya cukup membawa beberapa peralatan dan pakaian yang memang benar-benar Anda butuhkan saja. Jangan terlalu repot bawa banyak pakaian, makanan, dll.

 

3. Sempatkanlah Membuat Itinerary


Membuat itinerary atau suatu rencana traveling juga sangat penting saat dilakukan secara dadakan. Jika tidak, Anda akan kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa saat tiba di lokasi. Minimal, rencanakanlah kegiatan apa yang akan Anda lakukan jika sudah tiba di lokasi tujuan, walaupun rencananya bisa Anda ubah sewaktu-waktu. 

 

4. Persiapkan Kemungkinan Tak Terduga


Anda juga harus menyiapkan segala sesuatu yang tidak terduga, seperti jika tiket bus atau kereta pulang ternyata sangat mahal atau kehabisan tiket, maka Anda harus mencari pilihan transportasi lain. Namun, hal tak terduga juga bisa jadi lebih menguntungkan Anda, seperti ternyata hotel penginapan yang akan Anda pesan ternyata jauh lebih murah dari perkiraan, sehingga akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

 

5. Ajaklah Teman Terdekatmu


Traveling dadakan yang dilakukan bersama teman akan lebih seru dan menyenangkan. Karena saat dilakukan secara mendadak dan tanpa teman, Anda akan kebingungan . Oleh karena itu, ajaklah sahabat dan teman terdekat Anda, disarankan untuk mengajak teman yang sedikit mengeluh, tidak tibet, dan bisa di ajak seru bersama.

 



6. Carilah Paket Wisata Jika Anda Masih Kebingungan


Jika Anda tidak ada ide dan sangat malas dalam membuat itinerary traveling, Anda bisa mencari paket wisata. Saat ini, sudah banyak agen wisata yang siap memberikan layanan opentrip ataupun privatetrip. Anda tinggal pilih saja sesuai budget dan keinginan, dengan begitu Anda tidak perlu lagi repot-repot merencanakan rencana atau akomodasi liburan karena sudah direncanakan oleh agen wisata.

 

Selain ke-6 tips di atas, Anda juga harus memastikan seluruh kebutuhan barang bawaan Anda agar tidak tertinggal. Disarankan juga agar Anda tidak terlalu memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap traveling dadakan ini, karena tidak semua rencana bisa berjalan sesuai. Semoga bermanfaat dan berguna, terima kasih.