Blog

Image

5 Rekomendasi Olahraga untuk Menghilangkan Perut Buncit

August 29th, 2023

sfidnfits.com – Menghilangkan perut buncit tidak harus selalu dengan diet ketat atau pun melakukan fitness berat. Anda bisa mewujudkannya dengan melakukan olahraga biasa, seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau pun workout ringan. 

Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi 5 jenis olahraga yang efektif menghilangkan perut buncit yang Anda miliki. Simak informasinya berikut ini. 


5 Rekomendasi Olahraga untuk Menghilangkan Perut Buncit 


Setidaknya, ada lima jenis olahraga yang dapat membantu Anda menghilangkan perut buncit dengan efektif, di antaranya berlari, berjalan cepat, bersepeda, berenang, jump rope, HIIT, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat mengombinasikan berbagai jenis latihan kardio serta latihan kekuatan untuk hasil yang maksimal. Berikut adalah lima rekomendasi olahraga untuk menghilangkan perut yang buncit. 


1. Berlari atau Berjalan Cepat


Berlari atau berjalan cepat merupakan bentuk latihan kardiovaskular yang efektif dalam membakar kalori. Ketika Anda berolahraga dengan intensitas cukup tinggi, tubuh akan menggunakan energi dari kalori yang tersimpan dalam tubuh, termasuk di area perut. 

Latihan kardiovaskular juga dapat meningkatkan denyut jantung dan aliran darah, yang membantu dalam proses pembakaran lemak.


2. Bersepeda


Bersepeda melibatkan banyak otot besar dalam tubuh, termasuk otot kaki, punggung, dan inti. Otot-otot ini bekerja untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas saat Anda bersepeda. 

Melatih otot-otot tersebut dengan bersepeda bisa membantu membentuk dan mengencangkan area perut sehingga lemak akan berkurang dan perut buncit hilang secara perlahan. 


Baca Juga: 

Manfaat dan Efek Samping Bersepeda Setiap Hari


3. Berenang 


Renang adalah olahraga kardio yang juga melibatkan banyak otot tubuh. Ini akan melibatkan banyak kelompok otot, seperti lengan, kaki, punggung, dan dada. 

Dengan meningkatnya massa otot, kemampuan tubuh membakar kalori dengan lebih banyak akan mudah untuk diwujudkan. Satu per satu area tubuh yang bergelambir, termasuk perut yang buncit akan mengecil. 




4. Jump Rope


Selain membakar kalori secara efisien, jump rope atau lompat tali juga membantu meningkatkan denyut jantung, mempercepat metabolisme, dan mengencangkan otot-otot di sekitar perut. 

Dengan konsistensi dalam latihan, jump rope dapat membantu mengurangi lemak di area perut dan berpotensi merangsang pembentukan otot, yang bersama-sama mengarah pada pengurangan perut buncit.


Baca Juga: 

5 Alat Gym untuk Mengecilkan Lengan yang Bergelambir


5. Latihan Kardio High Intensity Interval Training (HIIT)


High Intensity Interval Training (HIIT) atau latihan interval intensitas tinggi melibatkan kombinasi gerakan intens dan istirahat yang singkat. 

Metode ini membantu meningkatkan pembakaran kalori dan metabolisme dengan lebih baik serta meningkatkan kesehatan jantung Anda. 

Perut buncit berisiko meningkatkan potensi penyakit jantung. Dengan melakukan kardio HIIT, Anda dapat melatih kekuatan kardiovaskular agar lebih sehat dan kuat. 

Contoh latihan kardio HIIT, yaitu Burpees, Mountain Climbers, squat jump, Plank jacks, Skaters, Bicycle Crunches, dan lain-lain. 


Selain olahraga umum tadi, kami juga merekomendasikan beberapa gerakan workout yang terbilang efektif menghilangkan lemak tubuh Anda, termasuk perut yang buncit akibat penimbunan lemak. Gerakan workout yang dimaksud, ialah: 

  • Plank
  • Sit-up
  • Crunches
  • Russian Twist
  • Mountain Climbers
  • Yoga
  • Pilates
  • Angkat Beban Ringan


Sebelum memilih olahraga yang efektif menghilangkan perut buncit, Anda dapat berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mengetahui kondisi lemak di perut Anda dan apakah ada masalah medis lain yang turut memengaruhi kondisi tersebut.

Berkonsultasi dengan pelatih atau instruktur juga sangat direkomendasikan agar Anda mendapatkan bentuk latihan paling sesuai agar tujuan Anda bisa lebih cepat direalisasikan. 

Kombinasikan pula olahraga dengan pola makan sehat serta gaya hidup aktif untuk hasil yang optimal dalam usaha menghilangkan perut yang buncit. Semoga berhasil!