Blog

Image

5 Rekomendasi Objek Wisata Terpopuler di Kota Cilacap

February 3rd, 2020

sfidnfits.com – Jika Anda mendengar nama kota Cilacap dibenak Anda, apa yang secara spontan muncul dipikiran Anda? Nusakambangan? Ngapak? Atau beberapa nama pantai yang popular di kota yang memiliki motto “Cilacap Bercahaya” dan istilah Ora Ngapak,Ora Kepenak ini. Selain pantai, ada beberapa objek wisata lain yang tidak kalah populernya lho! Pada artikel ini akan kami breakdown beberapa rekomendasi objek wisata terpopuler yang ada di kota cilacap ini. 


Rekomendasi Objek Wisata Terpopuler di Cilacap


1. Pantai Kalipat, Pulau Nusakambangan

Terletak di pulau nusakambangan, Pantai Kalipat merupakan salah satu tempat wisata popular di Cilacap yang setiap harinya ramai dikunjungi oleh wisatawan local dan wisatawan asing baik di hari biasa maupun pada hari libur. Objek wisata Pantai Kalipat ini mempunyai pesona keindahan yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. 


Terletak di Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. 

Pantainya lumayan luas dan memiliki pasir putih, posisi pantai menghadap langsung ke Samudera Hindia, untuk mencapai ke Pantai ini, Anda wajib menuju ke Pantai Karang Tengah terlebih dahulu. Setelah itu, Anda akan ditawari apakah ingin menggunakan jasa guide tour untuk menuju ke Pantai Kalipat.


Fasilitas yang ada di Pantai Kalipat diantaranya adalah : Area Parikir Kendaraan, Penyewaan Perahu, dan Tempat Istirahat.

Tips saat berlibur ke Pantai Kalipat : Bawalah bekal air minum & bekal secukupnya, bawa perlengkapan kesehatan seperti tissue basah, antiseptic, dan obat pribadi), Siapkan fisik yang prima sehingga liburan akan berjalan dengan lebih baik. Hati-hati dan selalu waspada saat berlibur adalah langkah preventif yang wajib Anda perhatikan.


Klik untuk melihat detail lokasi Pantai Kalipat


2. Pantai Widarapayung, Binangun

Objek wisata ini terkenal dengan unsur legenda mistis Nyai Roro Kidul, tapi meskipun begitu Pantai Widarapayung tetap didatangi oleh pengunjung local dan juga asing untuk menikmati pesona & keindahan yang ada di Pantai Widarapayung ini.


Pemandangan laut dan sunset yang menyatu saat Anda berkunjung di Pantai ini pada sore hari sangatlah indah. Arus ombaknya lumayan besar sehingga banyak di gunakan untuk tempat berselancar / surfing oleh masyarakat local maupun wisatawan asing dari luar negeri.


Fasilitas yang ada dipantai Widarapayung beberapa diantaranya adalah tempat duduk & payung untuk bersantai, kolam renang, area kuliner, sewa ATV, kuda, dan delman, dan sebagainya.

Tips berlibur ke Pantai Widarapayung : Datang pagi (pukul 06.00 WIB – 07.00 WIB) agar bisa mendapatkan sensasi terbaik. Udara masih segar-segarnya, jika sedang beruntung maka bisa masuk ke lokasi secara gratis (karena pintu gerbang masih belum ada penjaga) hehey, jika Anda takut kulit belang, gunakan sun block sebelum membasahi tubuh dengan air laut Pantai Widarapayung, bawalah uang yang cukup untuk membeli kuliner khas Widarapayung seperti Mendoan, Rempeyek Yutuk, dan lainnya.


Klik untuk melihat detail lokasi Pantai Widarapayung


3. Benteng Pendem, Cilacap

Objek wisata satu ini adalah peninggalan sejarah masa Penjajahan Belanda. Bangunan bersejarah sebagai tempat pertahanan kubu Belanda terhadap serangan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Disebut dengan nama Benteng Pendem yang berarti Benteng yang terpendam didalam tanah. Benteng ini dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada abad 18 (tepatnya di tahun 1816) dengan namaKustbatterij op de Landtong te Tjilacap. Berdiri diatas lahan seluas 6,5 hektar dan proses pembangunan benteng sekitar 19 tahun. 


Terdapat banyak ruangan yang bisa Anda kunjungi, seperti ruangan penjara, ruangan klinik, dan ruangan-ruangan lainnya.

Selain tentunya bangunan benteng, disini Anda juga bisa menemukan toko-toko souvenir khas cilacap, penjual kuliner, dan perahu kayuh yang bisa Anda sewa untuk merefresh suasana setelah letih melihat-lihat ruangan benteng.


Tips berlibur ke Benteng Pendem : Datanglah pagi hari (sekitar pukul 07.00 WIB – 10.00 WIB) untuk mengurangi resiko terlalu ramai pada hari libur, bawa topi terutama jika Anda datang di siang hari, karena jika cuaca terik sangat panas dan sedikit tempat untuk berteduh dari sinar matahari. Bawa uang secukupnya untuk membeli souvenir,kuliner,dan sewa fasilitas wisata (seperti perahu kayuh misalnya).


Klik untuk melihat detail lokasi Benteng Pendem




4. Pantai Teluk Penyu, Cilacap

Meskipun memiliki nama pantai Teluk Penyu, tapi di pantai ini bukan berarti memiliki banyak penyu didalamnya. Terletak di dekat pulau Nusakambangan, Cilacap. Banyak sekali wisatawan local maupun wisatawan asing yang mengunjungi pantai teluk penyu terutama saat hari libur tiba. Selain bisa menikmati pemandangan pantai, pengunjung juga bisa menikmati berbagai pilihan kuliner yang tersedia sepanjang pantai. Selain itu, lokasi pantai ini juga terletak cukup strategis dengan objek wisata lain seperti Benteng Pendem dan Pulau Nusakambangan tentunya.


Apa saja yang bisa Anda lakukan di Pantai Teluk Penyu ini? Tentunya yang pertama adalah mengambil foto dengan background laut indah & pemandangan pantainya, selain itu Anda juga bisa langsung berlayar menuju ke pulau Nusakambangan via Perahu / Kapal yang menawarkan jasa antarnya nanti. 


Tips berlibur di pantai teluk penyu : Datang pagi hari (pukul 07.00 WIB) untuk mendapatkan pemandangan sunrise yang sangat indah, datang pada sore hari (pukul 17.00 WIB) untuk mendapatkan pemandangan sunset yang sangat mempesona. Jika Anda datang siang, disarankan untuk membawa Topi atau penutup kepala lain untuk menghindari panas terik matahari.


Klik untuk melihat detail lokasi Pantai Teluk Penyu


5. Gunung Selok, Adipala

Gunung Selok bukanlah sebuah gunung biasa. Berdasarkan cerita sekitar, Gunung Selok adalah kahyangan di bumi yang dibangun oleh para dewa saat turun ke Bumi. Tidak heran pemandangan yang bisa didapatkan dari atas gunung selok sangat indah.

Dari atas Gunung, Anda bisa melihat hamparan sawah yang sangat indah (pada sebelah utara) dan bisa langsung melihat luasnya laut selatan dan pantai Sodong (pada sebelah selatan gunung selok). 

Diatas gunung selok kini telah tersedia spot foto bernama Gunung Selok View yang bisa Anda pakai untuk berswafoto ria dan langsung diupload ke social media Anda pastinya sangatlah instagramable.


Tips berlibur di gunung selok : Direkomendasikan menggunakan Sepeda motor bebek atau motor dengan transmisi, karena lintasan menuju keatas yang relatif kecil dan curam. Berhati-hati saat menaiki gunung karena banyak kerikil kecil yang mungkin bisa membuat perjalanan kurang nyaman. Datanglah di pagi hari (pukul 08.00 WIB) untuk mendapatkan sensasi udara segar pegunungan dan menghindari panas terik.


Klik untuk melihat detail lokasi Gunung Selok


Nah, itu dia 5 Rekomendasi Objek Wisata Populer di Kota Cilacap yang wajib Anda kunjungi. Mari kita dukung dan ikut berkontribusi langsung dalam kemajuan pariwisata lokal Indonesia dengan cara mengunjungi & membagikan informasi seputar objek wisata ini di Indonesia ke yang lainnya. Happy holiday!