Blog

Image

5 Olahraga untuk Membakar Lemak Perut, Lebih Efektif daripada Sit Up

January 4th, 2024

sfidnfits.com – Apabila Anda ingin membakar lemak perut maka sit up bukanlah pilihan yang tepat. Sebaiknya, pilih lima olahraga yang akan kita bahas pada artikel berikut ini.


5 Olahraga untuk Membakar Lemak Perut, Lebih Efektif daripada Sit Up


Banyak orang yang berpikir jika sit up dapat membantu membakar lemak. Namun, sebenarnya, olahraga ini lebih tepat jika ditujukan untuk mengencangkan otot perut.

Anda perlu lebih cermat dalam memilih olahraga yang efektif membakar lemak agar tujuan Anda untuk memiliki perut yang ramping bisa terwujud.

Perlu Anda ketahui bahwa lemak perut bisa meningkatkan risiko kematian seseorang. Pernyataan ini disimpulkan dari hasil penelitian tahun 2020 dan telah diterbitkan di US National Library of Medicine.

Setiap peningkatan 10 cm lemak perut pada wanita akan meningkatkan risiko kematian sebesar 8%. Belum lagi adanya risiko terkena penyakit serius, seperti jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan masalah kesehatan lainnya.


Berapa Lingkar Perut yang Normal Bagi Pria dan Wanita?


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan standar terkait lingkar perut yang normal dan aman, yaitu 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Di atas angka ini, artinya Anda memiliki lemak perut yang berlebih.

Namun, perlu diperhatikan jika lingkar perut normal setiap orang bisa berbeda-beda tergantung pada tinggi badan, Body Mass Index (BMI) atau indeks masa tubuh, dan faktor lainnya.


Mengapa Penting untuk Membakar Lemak Perut?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika lemak perut yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kematian dan penyakit kronis. Maka dari itu, penting untuk menghilangkan lemak di area tersebut agar:

  • Mengurangi risiko masalah kesehatan
  • Meningkatkan fungsi paru-paru agar mempermudah pernapasan
  • Meningkatkan mobilitas dan rentang gerak
  • Meningkatkan kepercayaan diri


5 Olahraga yang Efektif untuk Membakar Lemak Perut

Dibandingkan dengan melakukan sit up, sebaiknya Anda memiliki lima olahraga berikut ini yang lebih efektif untuk membakar lemak perut.


1. Plank


Plank adalah sebuah latihan yang melibatkan aktivasi otot-otot inti secara menyeluruh, seperti otot perut, punggung maupun panggul. Latihan ini juga akan membantu Anda meningkatkan postur tubuh. 

Semakin kuat otot inti maka semakin efisien pula pembakaran lemak di tubuh Anda, termasuk lemak yang ada di area perut. Maka dari itu, plank lebih efektif daripada sit up untuk membakar lemak  


2. Mountain Climbers


Gerakan mountain climbers melibatkan gerakan yang cepat dan intens dengan membawa lutut secara bergantian mendekati dada sambil mempertahankan posisi plank. 

Latihan seperti ini akan meningkatkan denyut jantung dan membakar banyak kalori dalam waktu singkat sehingga membantu membakar lemak secara efektif, termasuk lemak yang ada di perut Anda.


3. Bicycle Crunches


Jika mountain climbers dilakukan dalam posisi push up atau telungkup maka bicycle crunches dilakukan dalam posisi telentang mirip dengan sit up.

Bicycle Crunches akan menargetkan otot sisi perut yang akan membantu Anda membakar lemak sekaligus memberikan tampilan pinggang yang ramping.

Dengan melakukan gerakan seperti bersepeda sambil menggerakkan lutut ke arah secara bergantian maka latihan ini akan meningkatkan aktivitas otot perut serta membakar lemak di area tersebut dan sekitarnya.


4. Leg Raises


Latihan leg raises dilakukan dengan cara mengangkat kaki dari posisi berbaring lurus. Ini akan membantu menguatkan otot-otot perut bagian bawah, termasuk otot-otot rectus abdominis. 

Dengan melakukan leg raises secara teratur, Anda dapat membakar lemak perut dengan lebih efektif dibandingkan sit up.


5. Russian Twist


Russian twist melibatkan rotasi tubuh sambil memegang beban seperti dumbbell atau pun tanpa beban.  Olahraga ini dapat memperkuat otot-otot oblik dan otot inti lainnya serta membantu mengurangi lemak di area pinggang dan perut Anda.


Manfaat Sit Up


Kalau bukan untuk membakar lemak perut, jadi manfaat sit up yang sebenarnya itu apa? Manfaat sit up yang sebenarnya adalah untuk mengencangkan otot rektus abdominis yang bertanggung jawab atas penampilan perut yang six-pack.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perut yang six-pack, Anda bisa rutin melakukan sit up. Lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan lima olahraga di atas untuk membakar lemak dengan maksimal sehingga bisa mencapai defisit kalori yang akan merampingkan perut Anda.


Sekarang, Anda sudah tahu bahwa sit up bukan olahraga yang efektif untuk membakar lemak perut tapi itu adalah Plank, Mountain Climber, Bicycle Crunches, Leg Raises, dan Russian Twist. Pastikan tidak keliru dalam memilih latihan yang tepat.







Jika Anda sedang mencari perlengkapan olahraga, perlengkapan fitness, perlengkapan yoga, ataupun perlengkapan olahraga yang bisa dipakai dirumah tanpa perlu datang ke gym, FITS adalah solusi terbaik pilihan Anda. FITS menyediakan perlengkapan olahraga terlengkap dengan kualitas original dan harga terbaik.

Anda bisa mendapatkan semua produk FITS di e-commerce favorit Anda secara online maupun langsung belanja di toko offline FITS. Tap atau klik SHOP NOW pada banner dibawah ini dan mulailah pengalaman olahraga lebih baik bersama FITS!





Official E-Commerce

Temukan produk resmi SFIDNFITS di toko online berikut ini