Blog

Image

5 Manfaat Konsumsi Protein Shake Sebelum Tidur

December 29th, 2020

sfidnfits.com - Protein shake adalah salah satu suplemen paling populer di kalangan para atlet dan binaragawan. Para olahragawan percaya bahwa protein share dapat membantu menurunkan berat badan, membangun otot, dan meningkatkan kekuatan. Minuman yang menggunakan bubuk protein telah menjadi sarapan yang nyaman dan seringkali dikonsumsi setelah berolahraga intensitas tinggi. Protein shake digunakan oleh para binaragawan untuk perbaikan otot atau mempercepat pemulihan. 

Protein dapat membantu Anda menyeimbangkan asam amino esensial dalam tubuh. Dengan protein shake, Anda dapat membantu pertumbuhan otot yang optimal. Berdasarkan sejumlah studi, protein shake diyakini lebih efektif dicerna tubuh ketika dikonsumsi sebelum tidur. Ada beragam manfaat konsumsi protein shake sebelum tidur. 


Berikut beberapa manfaat protein shake yang telah SFIDN FITS rangkum. 


5 Manfaat Protein Shake untuk Tubuh


1. Menurunkan berat badan 




Salah satu studi menyatakan bahwa protein shake mengandung 20-80 gram protein yang dapat menekan rasa lapar sekitar 50-60%. Oleh karena itu, protein shake bagus untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Protein shake menekan rasa lapar dengan dua cara. 

Pertama, protein shake mengingkatkan kadar hormon pengurangan napsu makan, PYY dan mengurangi kadar ghrelin. Kedua, protein shake rendah kalori, namun dapat mengurangi rasa lapar. 


2. Meningkatkan massa otot 



Protein shake yang dikonsumsi dengan olahraga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan otot dan kinerja fisik. Hal itu terjadi karena kandungan asam amino yang mudah diserap tubuh. Para peneliti meyakini bahwa asam amino yang meningkat dalam darah memicu respon pertumbuhan otot. Tak hanya itu, beberapa studi juga membuktikan bahwa protein shake mampu membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot, meskipun sedang melakukan diet penurunan berat badan. 


3. Mengurangi lemak perut 




Diet tinggi protein membantu penurunan lemak. Salah satu studi menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 56 gram ekstrak protein shake per hari selama 23 minggu akan kehilangan 2,3 kg berat tubuh. 




4. Meningkatkan metabolisme 



Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu pembakaran kalori. Studi yang dilaksanakan selama enam minggu membuktikan bahwa orang yang mengkonsumsi protein shake akan memperoleh lebih banyak otot dan kehilangan lebih banyak lemak. 


5. Mengurangi peradangan 




Peradangan adalah bagian dari respons tubuh terhadap kerusakan. Peradangan terdiri atas dua jenis, yaitu peradangan jangka pendek dan panjang. Peradangan jangka pendek biasanya terjadi setelah olahraga, sedangkan peradangan jangka panjang dapat berubah menjadi kronis dan membahayakan tubuh. Protein shake dapat mengurangi peradangan secara efektif karena mampu mengurangi protein C-reaktif yang menginduksi peradangan. 


Itulah lima manfaat konsumsi protein shake sebelum tidur. Sebaiknya, Anda mengimbangi konsumsi minuman ini dengan olahraga teratur.