Blog

Info
Image

5 Manfaat Kesehatan dalam Berolahraga Tenis Lapangan

September 16th, 2019

sfidnfits.com - Tenis lapangan merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan usia. Keahlian dalam melakukan olahraga ini juga tidak bisa dianggap biasa. Selain itu, tenis lapangan juga memiliki banyak manfaat kesehatan, baik dalam segi fisik, emosional, dan mental. Berikut ini adalah 5 manfaat kesehatan dalam berolahraga tenis lapangan.

Manfaat Berolahraga Tenis

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular


Hidup sehat hingga masa tua tentunya adalah keinginan semua orang, dan olahraga tenis lapangan adalah salah satu jawabannya. Kenapa? karena olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan jantung atau kardiovaskularAnda. Olahraga ini menuntut jantung Anda untuk memompa darah lebih efisien karena dilakukan dengan intensitas yang tinggi. Saat kesehatan kardiovaskular telah meningkat, maka sistem peredaran darah pun akan semakin lancar dan tubuhpun menjadi lebih tahan menangkal berbagai virus penyakit.

2. Meningkatkan Koordinasi dan Kekuatan Tubuh Anda


Saat melakukan olahraga tenis lapangan, terdapat teknik tertentu yang memerlukan kekuatan otot tubuh, seperti teknik backhand swing, forehand swing, maupun smash shot. Kekuatan otot yang bekerja secara penuh adalah otot tangan dan otot kaki. Olahraga ini memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk berpikir secara lebih taktis, serta waspada yang lebih tinggi untuk memunculkan koordinasi sempurna antara otot dan otak. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka kemampuan refleks tubuh akan menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Pembakaran Kalori


Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, tenis lapangan adalah salah satu olahraga berintensitas tinggi. Terdapat banyak gerakan yang dilakukan dari satu sisi hingga sisi lainnya, hal itulah yang membuat tubuh mampu membakar banyak kalori lebih cepat. Durasi permainan ini bisa mencapai 4 jam lamanya. Dalam setiap jamnya, permainan tennis bisa membakar hingga 500 kalori, tergantung berat badan. Jadi, jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, Anda bisa melakukan olahraga ini selama beberapa jam setiap harinya. Lakukanlah latihan ini dengan teman ataupan pasangan Anda agar menyenangkan.

4. Melatih Kedisiplinan


Saat Anda melakukan olahraga ini, secara otomatis kedisiplinan Anda akan terlatih dengan sendirinya. Kenapa? karena olahraga ini harus dilakukan secara teratur, sehingga membuat Anda menjadi disipilin. Olahraga ini tidak bisa dilakukan hanya sekali maupun dua kali agar hasilnya maksimal, namun diperlukan banyak latihan secara konsisten. Jika Anda sudah memiliki disiplin tingkat tinggi, maka tubuh tidak akan kesulitan dalam melakukan bantyak latihan. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki diri dalam menjaga kesehatan dan memiliki sikap yang lebih baik lagi.

5. Melakukan Perencanaan Strategi


Tenis lapangan mampu meningkatkan fokus Anda, karena olahraga ini memaksa Anda untuk memikirkan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan, strategi apa yang harus diambil, dan taktik apa yang harusnya digunakan. Semua itu berpengaruh pada permainan lawan Anda.

Kesadaran akan pentingnya kesehatan sangat perlu diperhatikan dari sekarang. Olahraga tenis hanyalah salah satu langkah yang baik untuk bisa menikmati hidup sehat. Namun, perlengkapan dalam melakukan olahraga ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, seperti sepatu, celana, baju, hingga raket tenis itu sendiri. Pilihlah peralatan yang memang sudah dirancang khusus untuk olahraga ini, dan untuk baju, pilihlah baju yang mampu menyerap keringat dan juga sejuk saat digunakan seperti baju Fits Threadarmor Infused. Terimakasih sudah membaca, Semoga berguna.