Blog

Image

5 Manfaat Foam Roller untuk Meringankan Nyeri Otot

February 25th, 2021

sfidnfits.com - Nyeri otot dan otot tegang adalah hal yang wajar terjadi setelah olahraga. Hal ini bisa diatasi dengan konsumsi banyak air mineral dan istirahat yang cukup. Namun, untuk mempercepat pemulihan, Anda juga bisa menggunakan alat olahraga. Salah satu alat olahraga yang dapat digunakan untuk pemulihan atau terapi nyeri otot adalah foam roller. 

Bentuk alat olahraga ini memang cukup sederhana, bahkan tidak terlihat seperti alat olahraga. Meskipun demikian, foam roller punya sederet manfaat untuk tubuh. Cara menggunakan foam roller juga mudah, yaitu dengan meletakkannya di salah satu bagian tubuh yang nyeri atau mengalami otot tegang. Setelah itu, gulirkan di titik tersebut. 


Selain meringankan nyeri otot, ada beragam manfaat foam roller yang telah SFIDNFITS rangkum. Yuk, simak di sini!


5 Manfaat Foam Roller untuk Tubuh 


1. Melancarkan aliran darah 


Darah membawa aliran oksigen ke seluruh tubuh. Karena itu, aliran darah yang lancara dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Aliran darah yang tidak lancara dapat menyebabkan kesemutan di bagian kaki. 

Foam roller telah diyakini dapat membuka bagian-bagian tubuh yang tertutup lemak agar aliran darah semakin lancar. 


2. Mengurangi risiko adhesi


Menggunakan foam roller dapat mengurangi risiko timbulnya adhesi. Adhesi adalah istilah medis yang menandakan adanya penempelan antara kedua organ tubuh. Dalam bidang olahraga, adhesi yang umum ditemukan adalah adhesi antara otot dan kulit. 

Jika otot ditahan dalam posisi tertentu atau digunakan secara berlebihan selama berolahraga, kolagen pada kulit dapat terbentuk di antara lapisan otot rangka sehingga menimbulkan adhesi yang dapat membatasi kemampuan otot untuk saling bergeser. Dengan menggunakan foam roller, Anda dapat mencegah kolagen mengikat antarlapisang jaringan otot. 


3. Meningkatkan kelenturan dan mobilitas tubuh



Kelenturan tubuh adalah hal penting bagi olahragawan. Ada beragam gerakan olahraga untuk melatih kelenturan. Selain gerakan, Anda juga bisa menggunakan alat olahraga untuk meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas tubuh. 

Menggunakan foam roller untuk meningkatkan kelenturan adalah cara yang mudah dilakukan. Pasalnya, Anda tidak membutuhkan banyak gerakan yang sulit. Anda hanya perlu berbaring atau duduk di atas matras. Anda dapat menggunakan foam roller sebelum olahraga agar tubuh siap berolahraga. 


4. Mempercepat pemulihan setelah olahraga


Olahraga dengan foam roller dapat membantu mempercepat pemulihan setelah olahraga. Pasalnya, alat olahraga ini membantu menghilangkan asam laktat dalam tubuh. Untuk mempercepat pemulihan, Anda bisa berolahraga dengan menggunakan foam roller selama 60 hingga 90 detik dalam sehari. 


5. Alat terapi sendi



Foam roller tak hanya banyak digunakan oleh para olahragawan, namun juga sering digunakan sebagai alat terapi yang dapat membantu menjaga kesehatan fisik. Alat olahraga ini pun tak jarang digunakan sebagai alat terapi sendi. 

Foam roller tak hanya bermanfaat untuk meringankan nyeri otot, namun juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama persendian. Jika Anda sering mengalami permasalahan sendi, foam roller adalah alat olahrgaa yang dapat dipilih.