Blog

Info
Image

5 Kesalahan Snorkeling yang harus Anda Hindari

January 13th, 2020

sfidnfits.com – Snorkeling merupakan suatu kegiatan yang seru. Melihat langsung keberagaman dan keindahan biota laut, berenang bersama sekumpulan ikan, adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Namun, kegiatan yang seru ini justru bisa jadi malapetaka jika Anda melakukan 5 kesalahan ini:


1. Melewati Batas Area Aman


Negeri kita mempunyai banyak sekali spot diving yang sangat cantik dan indah, seperti Gili Air yang mempunyai ombak yang aman dan juga tenang untuk Anda yang baru mencoba diving. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengetahui batas aman yang diperbolehkan untuk snorkeling dan batas yang dilarang. Kenapa? karena kemungkinan besar di luar batas tersebut memiliki arus air yang besar dan Anda menjadi tidak bisa mengendalikan diri, dan tersapu ombak. Oleh karena itu, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu tentang spot snorkeling tersebut atau mendengarkan secara seksama apa yang dijelaskan guide atau pengelolanya.


2. Terlalu Lama Menahan Nafas


Menahan nafas adalah salah satu cara menyelam yang lama. Walaupun terlihat keren, namun jangan sampai Anda menahan nafas terlalu lama saat snorkeling. Menahan nafas yang terlalu lama bisa membuat pasokan oksigen untuk paru-paru menjadi berkurang. Alhasil, Anda bisa meninggal kapan saja. Jika ingin melakukannya dalam waktu yang lama, Anda bisa melakukan latihan pernafasan terlebih dahulu dan diimbangi dengan olahraga rutin.


3. Panik


Jika Anda rentan panik, dan tidak ada guide yang mendampingi saat snorkeling, lebih baik Anda menunda rencana snorkeling. Meninggalnya seseorang karena tenggelam juga bisa diakibatkan karena kepanikannya sendiri saat berenang, seperti saat ada air yang masuk ke alat snorkeling, sebagian orang lebih memilih melepas alat saat itu juga. Nyatanya, tindakan itu hanya akan membuat kepanikan lainnya. Anda pun memiliki potensi untuk tenggelam pada saat itu juga. Untuk menghindari hal itu, Ada baiknya agar Anda tetap tenang, segera naik ke permukaan jika ada yang salah pada alat snorkeling Anda.


4. Tidak Mengenakan Pelampung


Walaupun Anda bisa berenang, tapi jika Anda tidak memiliki pengalaman berenang di dalam laut, ada baiknya untuk mengenakan pelampung. Kenapa? karena kemungkinan Anda tidak akan bisa mengambil tindakan cepat saat terkena ombak yang kencang akibat minimnya pengalaman. Untuk itu, kenakanlah pelampung agar lebih aman.




5. Menyentuh Biota-Biota Laut


Adanya himbauan untuk tidak menginjak, memegang, bahkan menyentuh biota laut dibikin karena ada berbaga alasan. Selain untuk keseimbangan hidup mereka, ternyata ada beberapa biota laut juga yang memang berbahaya jika tersentuh, seperti konus, hewan moluska yang memiliki fisik kerucut dan mematikan saat tersengat. Ada juga ikan batu yang masuk dalam kategori ikan beracun mematikan di dunia, lengkap dengan 13 duri yang ada di punggungnya. Jadi, jangan menyentuh, menginjak atau memegang mereka jika Anda masih ingin hidup. Kenakan juga berbaga perlengkapan menyelam yang aman.


Itulah ke 5 kesalahan snorkeling yang wajib dan patut Anda hindari saat melakukan snorkeling. Silahkan di catat, kalau perlu Anda hapalkan secara baik, yah. Selamat berlibur.