Blog

Image

5 Kelebihan Melakukan Latihan Kalistenik yang Sering Dianggap Enteng

January 28th, 2020

sfidnfits.com - Melakukan aktivitas latihan olahraga demi tubuh yang sehat dan demi membentuk otot tubuh semakin banyak diminati oleh banyak orang. Oleh karenanya, banyak orang juga yang bersedia untuk ikut di berbagai kelas gym atau tempat fitness. Tapi, melakukan latihan ini tidak melulu harus di tempat gym, karena sebenarnya kita bisa memanfaatkan berat tubuh kita sendiri dengan melakukan latihan dimana saja, seperti di taman. Latihan ini biasa disebut dengan latihan kalistenik, dengan melakukan beberapa gerakan, seperti pull up, dip, crunch, dll. Lantas, timbul banyak pertanyaan, lebih baik mana antara latihan kalistenik dan latihan gym? Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, maka kami akan memberikan 5 kelebihan yang akan Anda dapatkan jika Anda melakukan latihan kalistenik.

 

1.Hemat Uang


Melakukan latihan kalistenik tentunya bisa menghemat uang Anda. Kenapa? karena biaya yang dikeluarkan untuk melakukan latihan kalistenik tidak sebesar biaya yang dilakukan untuk latihan gym. Melakukan latihan di tempat gym memerlukan biaya bulanan atau biaya keanggotaan, biaya parkir, dan bahkan biaya untuk menuju ketempat gym. Di sini lain, latihan kalistenik bisa Anda lakukan di mana saja, seperti di taman dekat rumah yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Biaya yang Anda dapatkan dalam berhemat tersebut bisa Anda alihkan untuk membeli makanan sehat ataupun suplemen yang mampu mendukung perkembangan otot tubuh.

 

2. Hemat Waktu


Dari poin pertama diatas, bisa kita simpulkan bahwa latihan kalistenik adalah latihan yang unggul dalam hal fleksibilitas, karena bisa dilakukan dimana saja, tentunya hal tersebut juga mampu menghemat waktu Anda untuk menuju perjalanan ke tempat gym. Latihan kalistenik yang dilakukan di teman dekat rumah sangat menghemat waktu tempuh dan Anda bisa langsung beristirahat setelah selesai melakukan latihan.

 

3. Mampu Melatih Seluruh Otot


Berbagai alat latihan di tempat gym memang sangat baik untuk membentuk otot, namun rata-rata alat tersebut bersifat isolasi atau dengan kata lain hanya mampu melatih satu atau dua bagian otot saja. Disisi lain, latihan kalistenik justru mampu melatih sebagian besar otot tubuh, seperti gerakan push-up yang mampu melatih otot trisep, otot dada, otot sayap, hingga otot perut sekaligus. Hal tersebut akan membentuk tubuh yang lebih proporsional dan indah.

 

4. Anti Bosan


Karena sifatnya yang bisa dilakukan di mana saja, maka Anda bisa berpindah-pindah tempat dalam melakukan latihan kalistenik jika sudah bosan dengan tempat yang biasa. Selain itu, variasi dalam melakukan latihan kalistenikpun sangatlah banyak, sehingga rasa bosan bisa dihindari.



 

5. Memiliki Banyak Komunitasnya


Dewasa ini, latihan kalistenik sudah banyak sekali peminatnya, oleh karena itu Anda akan mudah dalam menemukan dan mencari komunitas kalistenik di sekitar Anda. Dengan bergabung bersama komunitas kalistenik, maka Anda akan mendapatkan banyak pelajaran baru perihal latihan kalistenik, juga mampu saling memberikan semangat latihan. Selain itu, bergabung dengan komunitas juga akan semakin meningkatkan relasi Anda.

 

Itulah 5 kelebihan yang Akan Anda dapatkan saat rutin melakukan latihan kalistenik. Namun, bukan berarti latihan kalistenik lebih baik daripada latihan di gym, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang tidak baik adalah jika Anda tidak melakukan latihan sama sekali. Nah jika Anda berminat untuk melakukan latihan kalistenik ataupun latihan di gym, maka Anda juga disarankan untuk melengkapi aktivitas latihan Anda dengan mengenakan aksesoris latihan yang mampu membantu setiap gerak latihan. Seperti misalnya aksesoris Fits Power Strap, aksesoris strap ini mampu membantu Anda dalam melakukan gerakan tarik saat menggenggam barbell, dumbbell ataupun bar besi pull agar tidak terjadi slip dan juga mampu menghantarkan beban selama sementara waktu. Dengan begitu, gerak latihan yang Anda lakukan bisa lebih sempurna lagi. Jadi, sudah siap untuk melakukan latihan kalistenik?