Blog

Image

5 Jenis Pull Up Bar dan Tips Memilihnya untuk Latihan di Rumah

July 22nd, 2021

sfidnfits.com - Pull up bar adalah alat olahraga sederhana yang sangat efektif untuk membangun otot tubuh bagian atas. Berlatih dengan menggunakan pull up bar dianggap sebagai cara terbaik untuk memperkuat otot. Tentunya memperkuat otot dengan latihan tidak hanya dilakukan di tempat gym saja, Anda tetap bisa melakukannya sendiri di rumah.

Sebagai alat olahraga sederhana, pull up bar bisa Anda gunakan di rumah. Anda bisa menempatkannya di langit-langit, dinding, palang dinding maupun di kusen pintu. Anda juga tidak perlu khawatir dengan tempat untuk menggunakan pull up bar karena alat ini bisa di tempatkan di ruangan yang sempit juga. Pull up bar tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, tapi ada beberapa. Anda bisa mengetahui jenis pull up bar melalui pembahasan di bawah ini. 


5 Jenis Pull Up Bar dan Tips Memilihnya untuk Latihan di Rumah


1. Door pull up bars


Sumber gambar pull up bar : teamsports.com

Door pull up bar merupakan jenis pull up bar yang sangat praktis untuk latihan. Berbentuk teleskopik membuat alat ini mudah digantungkan pada kusen pintu ruangan Anda. Beberapa door pull up bar dilengkapi dengan aksesoris tambahan, seperti pegangan karet, atau pengaman untuk mencegahnya agar tidak mudah lepas.

Keuntungan menggunakan jenis ini, door pull up bar dapat dengan mudah dibongkar pasang. Tentunya ini akan memudahkan Anda bila tidak memiliki banyak ruangan, atau tidak ada ruangan yang luas. Namun, Anda juga harus memperhatikan pemasangannya dengan benar, salah memasang pull up bar dapat menyebabkan kerusakan pada kusen pintu Anda.

 

2. Wall pull up bars


Sumber gambar pull up bar : amazon.com

Wall pull up bar adalah jenis pull up bar yang harus dipasang dengan menggunakan sekrup pada dinding rumah Anda. Ketika memilih wall pull up bar, Anda harus memperhatikan jarak antara pegangan dan lebarnya. Pilih wall pull up bar dengan parameter yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pull up bar ini memiliki beberapa pilihan sudut pegangan dan jarak. Jadi, pikirkan juga kelompok otot mana yang ingin Anda latih untuk memperkuatnya. Wall pull up bar biasanya kokoh dan memiliki batas berat yang lebih tinggi daripada door pull up bar. Keuntungan lainnya, ketinggian dari pull up bar ini bisa disesuaikan dengan keinginan Anda saat berlatih.

 

3. Ceiling pull up bars

Sumber gambar pull up bar : amazon.ca

Ceiling pull up bar adalah pull-up bar yang dapat Anda gunakan jika plafon rumah Anda cukup tinggi. Peralatan kebugaran yang ini perlu dipasang dengan kuat untuk menghindari kecelakaan, atau cedera yang tidak diinginkan. Seperti halnya pull-up bar lainnya, dengan ceiling pull-up bar yang terpasang dengan benar, Anda juga dapat memperkuat lengan, otot perut dan otot punggung.

Jika Anda ingin memiliki punggung yang lurus dan lebar serta dada yang kuat, berolahraga secara teratur dengan pull-up bar ini adalah cara yang tepat untuk melakukannya. Selain itu, pull up bar jenis ini memiliki beberapa jenis pegangan yang akan membuat latihan Anda lebih menantang. Untuk memasang pull up bar pada plafon, Anda memerlukan bor, sekrup dan wall plugs agar dinding Anda tidak rusak.


4. Freestanding pull up bar


Sumber gambar pull up bar : amazon.com

Freestanding pull up bar memiliki kerangka kokoh yang akan membantu Anda memperkuat seluruh otot tubuh secara efektif. Freestanding pull up bar cukup stabil untuk menopang seluruh beban tubuh Anda, bahkan tanpa perlu dibaut pada dinding. Peralatan latihan ini memungkinkan Anda untuk melakukan chin-up, push-up, pull-up dan latihan lainnya menggunakan berat badan Anda sendiri.

Banyaknya model, freestanding pull up bar juga yang memiliki sandaran empuk dan pegangan busa untuk kenyamanan yang lebih baik selama latihan. Freestanding pull up bar secara alami mengambil lebih banyak ruang daripada jenis yang lainnya. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan dengan cermat di mana harus meletakkannya dan apakah Anda memiliki cukup ruang untuk itu. Jika Anda memiliki lantai yang licin, disarankan untuk menggunakan alas pelindung di bagian bawahnya.

 



5. Parallel bars


Sumber gambar pull up bar : indonesian.alibaba.com

Parallel bar tentunya sudah tidak asing lagi sebagai alat fitness untuk Anda yang sering berlatih di gym. Seperti namanya, parallel bar adalah dua palang horizontal yang ditempatkan sejajar satu sama lain pada jarak tertentu. Tergantung pada jenisnya, beberapa palang terhubung satu sama lain sementara yang lain tidak. Jika Anda tidak ingin membeli palang sejajar yang berdiri sendiri, atau tidak memiliki cukup ruang untuk itu, Anda dapat menggunakan parallel bar yang dipasang ke dinding atau parallel bar serba guna yang lebih kecil yang mudah dibawa dari satu tempat ke tempat lain.

Parallel bar yang terhubung satu sama lain memiliki kerangka yang lebih kuat dan memiliki batas bobot yang lebih tinggi. Berlatih menggunakan parallel bar memberi Anda berbagai macam latihan yang memperkuat berbagai bagian tubuh Anda dan meningkatkan kekuatan tubuh Anda. Parallel bar juga cocok untuk latihan kebugaran di luar ruangan. Jika Anda bermaksud menggunakan parallel bar di dalam ruangan, disarankan untuk meletakan alas pelindung di bawahnya agar tidak licin.

Ada berbagai jenis pull up bar yang sekarang sudah Anda ketahui. Sekarang, Anda tinggal memikirkan saja, pull up bar jenis apa yang cocok untuk Anda gunakan saat berlatih di rumah? Namun, sebelum Anda membelinya, ada baiknya untuk Anda tahu bagaimana cara memilih pull up bar yang tepat dan berkualitas agar Anda tidak menyesal membelinya. Berikut tips memilih pull up bar.

Tips memilih pull up bar


1. Perhatikan lokasi di mana Anda akan menggunakan pull up bar

Langkah pertama saat Anda ingin membeli pull up bar untuk latihan di rumah adalah memperhatikan lokasi di mana Anda akan menggunakannya, termasuk tempat di mana Anda akan menyimpan dan meletakkan pull up bar ini. memperhatikan tempat sangatlah penting, apakah Anda akan menggunakannya di kusen pintu, ditempatkan di dinding, plafon, atau sebagai pull up bar yang berdiri bebas. Putuskan di mana Anda akan meletakkannya dan menggunakan alat ini. Kemudian, pastikan Anda memiliki ruang untuk berlatih.

 

2. Pilih berdasarkan kebutuhan latihan Anda

Ada berbagai jenis pull up bar yang bisa Anda gunakan untuk berlatih di rumah. Anda harus memilihnya berdasarkan bagian tubuh mana yang ingin Anda latih. Pastikan juga untuk melihat latihan apa yang akan Anda lakukan, seperti chin-up, push-up, dips, bahu, atau lengan. Untuk latihan yang lebih intens, pilih pull up bar yang ditempatkan pada dinding. Pull up bar jenis ini lebih stabil dan kokoh sehingga Anda dapat melakukan berbagai macam latihan.

 

3. Ukuran pull up bar

Selanjutnya, perhatikan ukuran pull up bar dan ruangan yang akan Anda gunakan untuk meletakkan dan menggunakan pull up bar saat latihan, mulai dari panjang palang sampai diameternya. Jika Anda ingin membeli door pull up bar, maka pastikan pintu ruangan Anda memiliki ukuran yang standar, yakni 70-80 cm. Sedangkan untuk jenis pull up lainnya tidak terlalu memerlukan ukuran yang signifikan, hanya ruangan saja yang cukup untuk menempatkannya.

 

4. Kekuatan pull up bar untuk menopang beban tubuh Anda

Kekuatan dari pull up bar juga penting. Jangan sampai Anda membeli pull up bar yang kekuatannya tidak bisa menopang beban tubuh Anda. Anda harus bisa memilih kekuatan pull up bar yang beratnya 50% lebih dari berat badan Anda. Selain itu, penting juga untuk mengikuti semua instruksi saat memasang pull-up bar Anda agar nantinya tetap aman digunakan dan tidak merusak rumah Anda.

 

5. Cari pull up bar yang nyaman

Tips terakhir adalah menguji seberapa nyaman pull up bar yang akan Anda beli. Pilihlah pull up bar yang memiliki busa tebal dan kualitas yang baik agar pull up Anda bisa awet dan tahan lama.

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap tentang jenis pull up bar dan tips memilihnya untuk latihan di rumah. Semoga bermanfaat!


Referensi :

Insportline. What Type of Pull-Up Bar to Choose?.

Madbarz (2019). Pull Up Bar - The Ultimate Guide For Buying A Pull Up Bar.

Lifestyleupdated. The Best Home Pull Up Bars – A Buyer’s Guide.

Ideer-life (2021). Beginner's Guide to Pull-ups ?: How To Choose A Pull-Up Bar?.

Blog.decathlon.in (2021). How To Choose Your Pull-up Bars?.

Insportline. How to Choose a Door Pull-Up Bar?.

Pullupbar-chinupbar. Pull-up Bar Buying Guide.