Blog

Image

5 Jenis Olahraga untuk Menenangkan Pikiran Agar Tak Panik Karena Corona

March 18th, 2020

sfidnfits.com - Pandemi Covid-19 atau Corona saat ini tengah menjadi kekhawatiran masyarakat global. Setiap harinya jumlah kasus dari pandemi ini terus bertambah, walaupun persentase kesembuhannya juga kian meningkat di setiap harinya. Sejalan dengan itu, edukasi terkait pandemi ini pun terus digalakkan oleh beberapa pihak terkait agar tingkat penyebarannya bisa ditekan, salah satu anjurannya adalah dengan tidak ikut berkerumun di tempat keramaian. Namun tetap saja, ada diantara kita yang panik akan pandemi corona ini. Salah satu mengatasi rasa panik tersebut adalah dengan berolahraga.       

Dikutip dari American Psychological Association, olahrga adalah salah satu cara yang efektif untuk menjernihkan otak dan juga meningkatkan konsentrasi serta energi tubuh. Oleh karena itu, terdapat lima jenis olahraga yang sangat efektif untuk menenangkan pikiran karena adanya pandemi corona. Berikut ini adalah ke 5 jenis olahraga tersebut.

 

1. Yoga

 

Seperti yang sudah kita semua ketahui, Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang melibatkan kekuatan tubuh dan juga pikiran, sehingga olahraga ini mampu membantu menenangkan pikiran yang biasanya mudah panik. Saat melakukan berbagai gerakan yoga, maka pikiran Anda akan secara perlahan-lahan menjadi lebih tenang dan Anda akan merasakan kedamaian. Agar tidak perlu keluar rumah, Anda bisa melakukan latihan ini di dalam rumah dengan instruktur online atau mempelajarinya dari video yang saat ini banyak di internet.

 

2. High-Intensity Interval Training (HIIT)

 

High-Intensity Interval Training merupakan salah satu jenis latihan kardio yang dilakukan dengan menggabungkan beberapa latihan berintensitas tinggi, intensitas sedang dan juga intensitas rendah dalam kurun waktu tertentu, sebagai contoh, Anda melakukan lari sprint selama 20-30 detik yang dilanjutkan dengan latihan berjalan kaki selama 60-90 detik. Anda bisa menyesuaikan latihan dengan kondisi kebugaran tubuh Anda saat ini. Olahraga ini pun masih bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan melihat cara-caranya melalui streaming online di beberapa aplikasi.

 

3. Kickboxing


Cara melampiaskan perasaan panik, cemas dan kesal yang efektif lainnya adalah dengan melakukan kickboxing, karena pada olahraga ini Anda bisa melampiaskan seluruh emosi Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Japan Journal of Physical Education, Health, and Sport Sciences melaporkan bahwa para peserta yang mengikuti kelas kickboxing mampu menurunkan rasa cemas, depresi dan amarahnya secara signifikan setelah melakukan latihan kickboxing. Untuk melakukannya di rumah, Anda cukup menyediakan samsak yang bisa Anda beli di beberapa tempat olahraga.

 

4. Jogging

Olahraga ini adalah olahraga yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan sangat murah. Olahraga jogging juga sangat efektif untuk menenangkan pikiran. Hormon Endorfin yang diproduksi pasca melakukan olahraga jogging akan mampu menghasilkan rasa tenang dan nyaman. Aliran darah dalam tubuhpun akan menjadi lebih lancar. Anda bisa melakukan jogging di dalam ruangan dengan memanfaatkan alat treadmill.



 

5. Fitness

 

Latihan Fitness  adalah latihan yang mampu memproduksi hormon endorfin yang lebih banyak dibandingkan dengan latihan kardio. Untuk itu cobalah luangkan waktu Anda minimal 30 menit untuk melakukan latihan fitness, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, dan pikiran Anda pun akan menjadi lebih damai dan tenang dalam menghadapi pandemi corona. Apakah fitness bisa dilakukan di rumah? Tentu masih bisa, Anda cukup menyediakan dumbbell, barbell, atau ketlebell saja, dan cari video latihannya di internet. Jika Anda tidak punya alat tersebut, Anda bisa memamnfaatkan tubuh sendiri dengan melakukan beberapa gerakan, seperti push-up, plank, squat, sit-up, dll.

 

Jadi, jenis olahraga apa yang siap untuk Anda lakukan hari ini? Semoga perasaan dan pikiran yang selama ini panik akibat pandemi corona bisa Anda atasi dengan lebih tenang tanpa panik.