Blog

Image

5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh Ideal saat Menurunkan Berat Badan

May 5th, 2021

sfidnfits.com - Postur tubuh penting untuk keseimbangan di seluruh tubuh. Postur tubuh yang baik sebenarnya dapat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan. Ada beberapa manfaat memperbaiki postur tubuh, seperti menghilangkan rasa lelah karena diet, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan mobilitas tubuh. 

Berikut ini lima cara untuk memperbaiki postur tubuh yang telah SFIDNFITS rangkum. 


5 Cara Memperbaiki Postur Tubuh Ideal 


1. Biasakan duduk dengan tegap


Postur tubuh yang baik dapat dilatih oleh diri sendiri dengan cara memusatkan beban tubuh pada dua kaki dan panjangkan tulang belakang hingga puncak kepala terasa seperti terangkat ke arah langit-langit. Rilekskan leher saat duduk sehingga tengkuknya panjang dan anggun. Kemudian, pusatkan dagu Anda agar kepala tegak. Putar bahu ke belakang dan ke bawah untuk meluruskan dan mengangkat punggung atas dengan lembut. 


2. Lakukan latihan postur


Olahraga teratur akan membantu Anda meningkatkan rentang gerak pada persendian dan membantu otot bergerak lebih efisien. Olahraga juga dapat membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih baik. Salah satu jenis olahraga yang dapat membantu Anda meningkatkan postur tubuh adalah yoga dan kelas Tai Chi. Dua kelas olahraga tersebut dapat membantu Anda memperbaiki postur tubuh jika dilakukan lebih dari lima menit setiap harinya. 


3. Gunakan pakaian yang tepat saat olahraga


Postur tubuh dapat menjadi buruk karena menggunakan pakaian yang kurang tepat saat olahraga. Untuk perempuan, sebaiknya Anda menggunakan sport bra dan legging terbaik, sedangkan untuk laki-laki, sebaiknya Anda menggunakan celana dan baju olahraga yang dapat mendukung perbaikan postur tubuh Anda. 


4. Gunakan sepatu yang tepat


Salah satu cara terpenting untuk memperbaiki postur tubuh yang buruk adalah dengan menggunakan sepatu yang bagus. Steven Weininger, juru bicara BackJoy dan juga ahli postur serta pencipta latihan StrongPosture di BodyZone.com, berkata, “Mengenakan ukuran sepatu yang salah akan menyakitkan dan menyebabkan postur tubuh Anda rusak.”


5. Gunakan alat teknologi


Jika Anda suka menggunakan alat teknologi, sebaiknya Anda mencari tahu beberapa teknologi yang dapat memperbaiki postur tubuh. Jenis teknologi tersebut adalah Lumo Lift yang merupakan perangkat magnet kecil yang dikenakan di dada dan dapat memberikan getaran atau dengungan lembut saat Anda membungkuk. Selain alat tersebut, Anda juga bisa men-download beberapa aplikasi di iPhone atau Android untuk melihat seberapa sering Anda membungkukkan tubuh. 

Itulah lima cara memperbaiki postur tubuh saat menurunkan berat badan. Pastikan Anda melakukan beberapa cara di atas, sebelum melakukan proses penurunan berat badan.