Blog

Image

5 Cara Ampuh Menyingkirkan Bau Keringat Pada Baju Olahraga

July 2nd, 2020

sfidnfits.com - Bau keringat yang menempel di pakaian adalah salah satu masalah yang kerap muncul ketika selesai berolahraga. Meskipun sudah dicuci, sering kali bau keringat ini masih menempel kuat di pakaian olahraga. Terdapat berbagai faktor yang mampu menyebabkan bau keringat pada pakaian, sehingga menjadi sulit dihilangkan, salah satunya adalah sifat pada bahan pakaian yang dibuat khusus untuk bisa menyerap keringat dengan baik, sehingga bau keringat menjadi sangat sulit untuk dihilangkan. Walaupun begitu, jangan biarkan hal ini menjadikan Anda untuk malas berlatih olahraga. Karena, masih ada banyak cara efektif yang mampu menghilangkan bau badan. Berikut ini adalah 5 cara ampuh dalam menghilangkan bau badan pada baju olahraga Anda.

 

1. Segera Cuci Pakaian Setelah Digunakan

 

Bakteri yang menghasilkan bau keringat atau bau badan mampu berkembang biak dengan baik di pakaian olahraga yang sudah Anda gunakan. Bila hal ini didiamkan, maka pakaian olahraga Anda tentunya akan semakin bau. Oleh karena itu, segera cucilah pakaian olahraga yang sudah selesai digunakan, jangan dibiarkan lebih dari satu hari. Jika Anda tidak memiliki waktu, Anda bisa membilas pakaian  dengan air bersih dan menjemurnya terlebih dahulu sebelum dicuci. Karena, sinar matahari juga terkenal efektif untuk menyingkirkan bakteri bau pada pakaian.

 

2. Merendap Baju dengan Cuka Sebelum Dicuci

 

Jika pakaian Anda sangat bau, maka Anda bisa merendamnya terlebih dahulu dengan cairan cuka. Merendam pakaian dengan cuka sangat efektif untuk menghilangkan bau dan noda pada pakaian. Gunakanlah rasio air dan cuka putih dengan  1:4. Adanya kadar asam pada cuka akan membantu Anda dalam menguraikan bau pada baju olahrga serta membasmi seluruh bakteri penghasil bau. Jika tidak ada cuka, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai alternatif dengan rasio air dan baking soda 1:1. Rendamlah pakaian Anda dengan bahan ini selama 30 menit sebelum dicuci seperti biasa.

 

3. Cucilah Pakaian dengan Deterjen Cair

 

Deterjen masih sering sekali dijadikan andalah untuk menghilangkan bau keringat tak sedap pada pakaian. Agar lebih maksimal lagi, gunakanlah deterjen cair. Kenapa? karena deterjen cair mampu diserap lebih baik oleh deterjen cair daripada deterjen bubuk. Sehingga, seluruh sisa-sisa bakteri penyebab bau pada pakaian bisa disingkirkan secara efektif.

 

4. Tambahkan Air Lemon Saat Mencuci Baju Olahraga

 

Kandungan asam pada buah lemon juga ternyata sangat efektif untuk menghilangkan bau keringat pada pakaian olahraga. Untuk memanfaatkannya, campurkanlah perasan lemon pada air yang hendak Anda gunakan untuk mencuci pakaian olahraga Anda, lalu cucilah pakaian seperti biasa. Selain bisa lebih wangi, pakaian olahraga Anda juga akan memiliki aroma yang lebih segar dan seluruh sisa bau keringat bisa sangat mudah hilang.

 

5. Gunakan Cairan Pewangi Untuk Membilas Pakaian

 

Cairan pewangi akan sangat membantu membasmi bau keringat yang menempel pada pakaian olahraga. Namun akan lebih disarankan lagi untuk menggunakan cairan pewangi yang memiliki formula anti-bakteri, karena faktor utama yang menyebabkan adanya bau keringat pada pakaian adalah tingginya aktivitas bakteri pada serat pakaian. Dengan begitu, pakaian olahraga Anda akan kembali segar ketika akan digunakan

 

Jadi, menghilangkan bau pada pakaian olahraga sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Berbagai cara diatas bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Pakaian yang lebih segar dan wangi saat digunakan kembali juga tentunya akan meningkatkan semangat latihan olahraga Anda. Semoga berguna, Terima Kasih.