Blog

Image

3 Camilan Sehat Anti Gemuk Saat Harus #dirumahaja

May 20th, 2020

sfidnfits.com – Godaan ngemil yang meningkat pasti bisa Anda rasakan saat Anda harus bekerja di rumah atau WFH selama pandemi COVID-19. Namun, apakah camilan yang Anda konsumsi tersebut merupakan camilan yang tepat dan baik untuk tubuh? Karena kita biasanya selalu ingin memanjakan diri untuk mengonsumsi camilan enak dengan lemak dan gula yang tinggi, seperti kue manis, donat, keripik, gorengan, dll. Padahal, makanan tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sangat sedikit dan tidak bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

 

Lalu, Adakah Rekomendasi Camilan yang Baik Uutuk di Konsumsi?

 

Dikutip dari laman resmi Medical News Today, camilan yang kurang tepat untuk dikonsumsi pada umumnya memiliki kalori yang sedikit, makan tersebut adalah makanan yang hanya memiliki energi namun tidak memiliki kandungan zat gizi. Makanan tersebut adalah es krim, donat, pastries, kukis, cake, hotdog, sosis, pizza, minuman tinggi gula, dll. Pada umumnya, makanan ini sangat kaya akan lemak  dan gula, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan berat badan, bahkan obesitas. Jika penyakit obesitas sudah terjadi, maka berbagai risiko terkena penyakit mengerikan lainnya akan meningkat, seperti gangguan jantung koroner, hipertensi, stroke, dan juga diabetes tipe 2.

 

Rekomendasi Camilan yang Sehat Selama Harus #Dirumahaja

 

Sekarang Anda sudah tahu bahwa camilan yang tinggi gula dan lemak bisa meningkatkan berat badan dan gangguan kesehatan. Kini, saatnya Anda memilih camilan yang sehat dan bergizi untuk mendukung beragam kegiatan Anda selama #dirumahaja.

 

1. Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan termasuk ke dalam camilan sehat dan nikmat karena memiliki banyak kandungan nutirsi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti, kacang kedelai utuh. Kacang ini termasuk ke dalam makanan superfood yang kaya akan serat, tinggi protein dan tinggi vitamin serta mineral. Anda bisa memasukan kacang kedelai di dalam menu camilan ata sarapan Anda. Selain itu, kacang kedelai juga termasuk ke dalam makanan yang mampu diserap tubuh secara perlahan, sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kacang kedelai juga tercatat mampu menjaga kadar gula darah Anda. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrition Jurnal melaporkan bahwa kacang kedelai memiliki angka glikemik yang rendah, sehingga mampu menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang kedelai mampu mencegah terjadinya kondisi peningkatan kadar gula darah secara siginifikan.

 

2. Snack Bar

 

Camilan lain yang bisa Anda konsumsi adalah snack bar. Pada umumnya, snack bar memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi, serta angka indeks glikemik yang rendah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan yang nikmat dan sehat. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua snak bar itu sama. Untuk itu, pilihlah snack bar yang memiliki kandungan kacang-kacangan utuh, seperti kacang kedelai utuh, kacang almond, atau kacang macadamia. Anda juga bisa kombinasikan kacang-kacangan tersebut dengan beberapa buah-buahan seperti pisang, raisin, atau stroberi. Snack bar sangat efektif untuk membantu mengontrol nafsu makan Anda, sehingga mampu mengontrol berat badan Anda selama #dirumahaja.



 

3. Buah-buahan

 

Selain mampu dijadikan sebagai makanan pencuci mulut, buah-buahan juga bisa dijadikan sebagai camilan yang nikmat dan menyehatkan, seperti buah alpukat. Selain kaya akan serat, aplukat juga kaya akan lemak sehat, magnesium, dan juga kalium. Kalau Anda lebih menyukai buah-buahan dengan rasa yang manis, Anda bisa menocoba buah apel, melon, pepaya, kiwi, atau jeruk manis. Kandungan serat yang terdapat pada buah-buahan ini terbukti mampu menongtrol berat badan Anda saat Anda harus berada #dirumahaja.

 

Selain mengonsumsi 3 jenis camilan diatas, disarankan juga untuk tetap melakukan kegiatan fisik atau olahraga minimal 30 menit perhari agar Anda tidak gemuk atau mencegah terjadinya kenaikan berat badan. Kegiatan ini juga penting untuk menjaga kebugaran tubuh Anda, sehingga kualitas kesehatan Anda bisa terjaga secara maksimal selama #dirumah aja.

 

Referensi:

  1. https://www.medicalnewstoday.com/articles/263028#takeaway
  2. https://www.cdc.gov/healthyweight/effects/index.html
  3. https://kidshealth.org/en/kids/calorie.html
  4. https://www.healthline.com/nutrition/edamame-benefits#section3
  5. https://www.medicalnewstoday.com/articles/280285#nutrition
  6. https://www.verywellfit.com/the-best-snack-bars-to-lose-weight-3495239
  7. https://www.healthline.com/nutrition/9-proven-benefits-of-almonds#section9
  8. https://www.healthline.com/nutrition/20-healthiest-fruits#section4
  9. https://www.healthline.com/nutrition/best-weight-loss-fruits
  10. Anderson, J. W., Johnstone, B. M., & Cook-Newell, M. E. (1995). Meta-Analysis of the Effects of Soy Protein Intake on Serum Lipids. New England Journal of Medicine, 333(5), 276–282. doi:10.1056/nejm199508033330502 
  11. Blair, R. M., Henley, E., & Tabor, A. (2006). Soy foods have low glycemic and insulin response indices in normal weight subjects. Nutrition Journal, 5(1). doi:10.1186/1475-2891-5-35