Blog

Image

10 Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19

October 22nd, 2020

sfidnfits.com - Pandemi COVID-19 telah mengubah cara hidup manusia secara radikal, mulai dari cara kerja, belajar, hingga bersosialisasi. Hal itu tentunya menghadirkan serangkaian tantangan unik. Di tengah pandemi, ada banyak hal perlu diperhatikan, misalnya kebersihan di sekitar tempat tinggal, imunitas tubuh, dan kesehatan mental.

Larangan keluar rumah untuk memutus rantai persebaran virus corona (COVID-19) membuat sebagian masyarakat merasa stres dan bosan. Tingkat kecemasan yang meningkat pun bisa membuat imunitas melemah dan justru membuat Anda sakit. Hal itu membuat Anda perlu menjaga kesehatan mental dan tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mental dan tubuh yang telah SFIDNFITS rangkum. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental dan Tubuh di Tengah COVID-19


1. Prioritaskan tidur cukup

Untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh, tidur cukup adalah hal yang utama. Tidur dengan kualitas yang baik dan waktu yang cukup akan menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik sehingga terhindar dari virus. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa tidur adalah salah satu cara mengendalikan stres. Ketika kurang tidur, mood Anda akan lebih sensitif, emosional meningkat, dan otak menjadi kurang fokus. 

2. Perhatikan kebersihan 

Memusatkan perhatian pada kebersihan lingkungan sekitar saat ini sangat dibutuhkan. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan World Health Organization (WHO) mengimbau untuk lebih sering cuci tangan dengan sabun dan air bersih. Tutup mulut Anda ketika bersin dan batuk dengan menggunakan dua telapak tangan. 

3. Praktikkan diet sehat 

Imunitas tubuh penting untuk diperhatikan di tengah pandemi. Salah satu cara meningkatkan imunitas adalah dengan melakukan diet sehat. Ada banyak jenis diet yang bisa Anda pilih, mulai dari diet vegan, diet nabati, hingga diet keto. 

4. Konsumsi camilan yang mengandung protein tinggi 

Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menghindari penurunan energi. Anda bisa konsumsi camilan dengan sumber protein tinggi, misalnya telur rebus, kacang, yogurt, selai kacang, dan sayuran.

5. Luangkan waktu untuk praktik pernapasan diafragma 

Tenang dan mengukur pernapasan Anda dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik. Di tengah pandemi, seringkali timbul rasa cemas dari berita yang beredar di media sosial. Lakukan latihan pernapasan secara teratur untuk memulai atau mengakhiri hari dengan cara yang positif. 


6. Mulailah berkebun

Dalam jurnal Preventive Medicine Reports disebutkan bahwa berkebun dapat dilakukan untuk pencegahan stres. Menurut Viren Swami, PhD, peneliti dan profesor psikologi sosial di Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris, merawat tanaman di dalam atau luar ruangan mampu meningkatkan hubungan manusia dengan alam. Oleh karena itu, berkebun dapat menurunkan tingkat stres dan ketenangan jiwa.  

7. Gunakan media sosial dengan bijak 

Media sosial memungkinkan Anda terhubung dengan teman dan saudara dekat. Namun, media sosial juga berpotensi meningkatkan rasa cemas. Banyak berita yang faktanya belum terjamin benar. Hal itu hanya akan membuat Anda semakin stres. Sebaiknya, Anda menggunakan media sosial dengan bijak, cek terlebih dahulu kebenaran berita yang tersebar di media sosial. 

8. Cobalah meditasi dengan aroma terapi 

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine, aroma terapi dapat menenangkan rasa cemas. Selain itu, aroma terapi juga telah terbukti dapat meredakan depresi. Penggunaan minyak esensial untuk pijat juga bermanfaat untuk meredakan rasa cemas. Ada beberapa aroma yang bisa Anda pilih, misalnya lavender, lemon, melati, dan mawar. 

9. Lakukan peregangan

Lakukan peregangan sekitar 15 hingga 30 detik. Ketika Anda melakukan peregangan fisik, Anda akan mengenali perubahan respon pada tubuh. Cobalah berdiri dan lakukan peregangan dengan mengangkat lengan tinggi hingga melebihi kepala atau dengan membungkuk dan menyentuh jari-jari kaki. Peregangan dapat juga dilakukan dengan duduk bersila dengan membuka pinggul.

10. Lakukan workout setiap hari 

Tetap aktif di tengah pandemi akan membuat tubuh sehat secara fisik dan meminimalisir terpaparnya pandemi COVID-19. Latihan di rumah dapat menjadi salah satu cara aktif beraktivitas. Lakukan olahraga dengan rutin. Dengan olahraga, Anda dapat meningkatkan suasana hati karena hormon endorfin meningkat. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan untuk menjaga kesehatan mental dan tubuh di tengah pandemi. Lakukanlah aktivitas tersebut dengan rasa senang tanpa paksaan. Dengan demikian, Anda dapat memutus rantai penyebaran virus corona.